TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 044/Gapo Bantu Gapoktan Atasi Hama Serangga

By 17 Jan 2017 12:24Kodam XVI/Patimura
bra10 mesin serangga

 

Korem 044/Gapo berinovasi dalam membantu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dalam mengatasi hama serangga yang diberi nama Pagasso LTA-04044 Tekno yaitu alat penangkap serangga dengan menggunakan Solar Cell Light Trap Automatically atau dengan memanfaatkan cahaya dari lampu UV untuk menarik perhatian dan dikombinasikan dengan sinar surya/sensor LDR, di Desa Gelebek Dalam Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (16/01/2017).

Inovasi ini bermula saat Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. menerima keluhan para petani pada acara panen dan tanam padi bersama di Desa Gelebek Dalam Banyuasin tentang adanya hama yang sering menyerang tanaman padi.

Hal ini turut menjadi perhatian Danrem 044/Gapo sehingga terciptalah inovasi alat penangkap serangga yang diberi nama Pagasso LTA-04044 Tekno yang mempunyai keunggulan dibanding menggunakan pestisida,diantaranya petani sehat, ekosistem sehat, hasil panen sehat, bekerjanya otomatis, tidak meninggalkan residu, tidak menimbulkan kekebalan terhadap hama dan peluang hasil panen meningkat.

Dandim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP. mengatakan, TNI merupakan bagian dari rakyat Indonesia yang ikut bertanggungjawab dalam pencapaian keberhasilan pembangunan nasional yang orientasinya diarahkan kepada kepentingan rakyat banyak, diantaranya percepatan swasembada pangan, turut serta dalam membantu kesulitan rakyat khususnya di bidang pertanian. “Kita melaksanakan tugas ini dengan menghadirkan inovasi baru berbasis teknologi untuk menangkap serangga hama tanaman,”ujarnya.

Sementara itu Dandenpal Mayor Cpl Ramin, S.IP., menyampaikan, saat dilakukan uji coba pada lahan tanaman padi di Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin sangat efektif menjerat berbagai macam serangga, seperti wereng coklat, walang sangit, kupu-kupu/kleper dan serangga lainnya. “Dengan adanya inovasi alat ini mudah-mudahan dapat membantu para petani untuk mengatasi gangguan hama penyakit pada tanaman padi,” ungkapnya.

Hadir dalam uji coba Danramil-07 Mariana Kapten Inf H. Daspini. AS, Camat Banyuasin I Nova Redy, S.Sos.,M.M., PPL Ahmad Jarkasih, A.Md., Gapoktan Sumber Rejeki dan Kades Merah Mata H. Ruslan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 044/Gapo Bantu Gapoktan Atasi Hama Serangga