TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Membentuk Generasi Penerus Bangsa Yang Berkarakter dan berjiwa Pemimpin

By 11 Jan 2017 00:15Kodam IV/Diponegoro
8

Candiroto. Siswa siswi SMP 2 Candiroto adalah merupakan generasi penerus bangsa, merekalah nanti yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan untuk ikut menentukan nasib bangsa Indonesia. Didasari dari pemikiran tersebut SMP 2 Candiroto Kabupaten Temanggung melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi seluruh siswa dan siswinya, sehingga pada saatnya nanti dapat menjadi pemimpin-pemimpin yang dicintai rakyatnya serta dapat membawa bangsa Indonesia sesuai dengan cita-cita luhur yang tertuang dalam UUD 1945.

Dalam LDK yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 7 Januari 2017, Koramil 05/Candiroto diberi kesempatan untuk memberikan pembekalan kepada Siswa-siswi SMP 2 Candiroto tersebut. Kesempatan yang bagus ini dimanfaatkan oleh Kapten Inf Suripto selaku Danramil 05/Candiroto dengan memerintahkan Serka Karyadi untuk memberikan materi dasar-dasar kepemimpinan dan wawasan kebangsaan kepada siswa dan siswi SMP 2 Candiroto. Serka Karyadi adalah sosok Babinsa yang bertugas di wilayah Canggal dimana SMP 2 Candiroto itu berada.

Dalam pembekalan tersebut Serka Karyadi deberikan jam khusus dari penyelenggara untuk memberikan materi Dasar-dasar Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan, serta beberapa materi lainnya yang mendidik jiwa Korsa sesama Siswa siswi. Dalam pembekalan tersebut Serka Karyadi mengambil tema “Generasi Penerus Bangsa Yang Berkarakter dan berjiwa Pemimpin”. Materi yang diharapkan dapat menjadikan generasi muda selalu berperan aktif menjadi pemimpin yang tidak pernah berhenti belajar,memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, memiliki pribadi yang berkarakter didukung dengan pribadi yang bijak, kemampuan fisik, moral dan mental serta selalu berperilaku positip. Dengan demikian generasi muda saat ini mampu menghadapi segala macam bentuk gangguan dan ancaman berupa kenakalan remaja, narkoba, kriminalitas, pergaulan bebas yang sangat berpotensi pada siswa siswi menegah

Dalam pembekalan tersebut juga diselipkan materi kedisiplinan diantaranya tentang disiplin Pribadi dan lingkungan sekolah, dengan mengutamakan pada pengaturan waktu yang se-efisien mungkin. “Kunci dari sukses adalah disiplin, jika pribadi sudah bisa memahami dan mengamalkannya maka sukses sudah ada di depan mata”, tegas Serka Karyadi saat pembekalan

Para peserta sangat berantusias mendengarkan narasi dan penjelasan materi dari narasumber tanpa ada satu pun yang beranjak dari duduknya sampai dengan acara selesai. Hal ini membuktikan bahwasanya Pembekalan ini sangat di apresiasi oleh peserta maupun pengurus Sekolah maupun guru pembimbing.

Salah satu guru Pembimbing yaotu Bapak M.Toha menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat membantu bagi para orang tua dan guru , yang mana untuk memberikan pembekalan Kepemimpinan Dasar dan Wawasan Kebangsaan. “Kita selaku pengasuh merasa tidak punya kemampuan untuk menyampaikan kepada para putra putrinya seperti apa yang Bapak Babinsa sampaikan, dan ini sungguh luar biasa”, tandasnya. (Kodim Temanggung)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Membentuk Generasi Penerus Bangsa Yang Berkarakter dan berjiwa Pemimpin