TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Operasi Gaktib dan Yustisi Tingkatkan Disiplin Prajurit

By 27 Jan 2017 14:30Kodam XVII/Cenderawasih
8

Mencermati perkembangan situasional Bangsa Indonesia dewasa ini masih diwarnai keprihatinan multi-dimensional, dampak negatif dari globalisasi secara langsung maupun tidak langsung dapat menggerus kepribadian dan jati diri prajurit. Dimana berdampak pada menurunnya kondisi nilai-nilai loyalitas, moralitas dan integritas prajurit yang dapat menjadi parasit bagi upaya membangun TNI yang profesional, solid dan militan serta dicintai rakyat.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmanyto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab saat memimpin upacara Opsgaktib dan Yustisi, bertempat di Lapangan Silas Papare Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (26/01/2017).

Panglima TNI mengatakan, kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi Gaktib dan Yustisi harus memiliki kesamaan persepsi dalam proses penegakan hukum, disiplin dan tata tertib Prajurit TNI serta tetap mengedepankan etika dalam pelaksanaannya, sehingga dapat menjadi contoh bagi institusi lain. “Sasaran dari penyelenggaraan operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017 adalah meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, Narkoba dan penyalahgunaan barang terlarang lainnya,”ujarnya.

Panglima TNI menyampaikan, Melalui upaya Gaktib dan Yustisi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan keinsyafannya bahwa pada suatu tatanan kehidupan sebagai prajurit, terdapat ketentuan yang mengikat, mengatur dan membatasi setiap perilaku para Prajurit TNI, baik pada konteks kedinasan maupun pada konteks kehidupan bermasyarakat.

Adapun penekanan yang diberikan oleh Panglima TNI tentang Operasi Gaktib dan Yustisi antara lain selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik dan benar serta berpedoman pada aturan yang berlaku. “Laksanakan dengan tegas, berwibawa dan bersahaja serta menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaan operasi tersebut untuk mencegah arogansi prajurit yang melaksanakan operasi,”pesannya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Operasi Gaktib dan Yustisi Tingkatkan Disiplin Prajurit