TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peringati Hari Jadi Penerangan TNI AD Ke 66, Korem 161/Wira Sakti Gelar Wisata Jurnalistik

By 17 Jan 2017 12:41Kodam IX/Udayana
640×410

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Penerangan Angkatan Darat ke 66 Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 13 Januari 2017 lalu, Penerangan Korem 161/Wira Sakti melaksanakan kegiatan wisata jurnalistik, Minggu (15/1/2017) bertempat di Pantai Oetune, Desa Tuafano, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timor.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapenrem 161/Wira Sakti Mayor Arm Ida Bagus Putu Diana Sukertia yang dihadiri oleh sejumlah wartawan baik cetak, elektronik dan online yang bertugas meliput di Makorem 161/Wira Sakti serta anggota Staf Penerangan Korem 161/Wira Sakti dan keluarga.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan rangkaian kegiatan antara lain jalan santai di sepanjang pesisir pantai, foto bersama, makan siang serta bincang-bincang ringan tentang Pantai Oetune yang memang masih sangat alami dan berpotensi untuk menjadi obyek wisata favorit bagi masyarakat umum dan keluarga. Perbincangan yang sedikit serius tentang banyaknya informasi yang tidak sesuai fakta di Media Sosial (Medsos) berupa berita bohong atau Hoax.

Kapenrem ketika dikonfirmasi oleh wartawan disela-sela kegiatan ini, membenarkan terkait maraknya informasi berita Hoax yang terjadi belakangan ini. Informasi yang tidak mengandung kebenaran dan tidak sesuai fakta yang beredar di Medsos. Bila itu dikonsumsi masyarakat umum apa adanya, maka akan menjadi hal negatif dan dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat terhadap informasi yang tidak benar dan tidak sesuai fakta. Jika hal ini dibiarkan akan sangat berpotensi untuk merusak tatanan sosial, moral serta karakter masyarakat, bangsa dan negara.

Lebih lanjut dikatakan sesuai penekanan dari Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI MS. Fadhilah dalam sambuatan hari Jadi Penerangan Angkatan Darat ke 66, tanggal 13 Januari 2017 lalu, bahwa insan penerangan harus mampu menjadi pelopor ketahanan informasi di tengah situasi darurat informasi yang melanda masyarakat, bangsa dan negara. “Kita harus mampu menjadi contoh sekaligus penggerak kesadaran masyarakat untuk menyikapi, mengelola informasi secara benar demi kepentingan yang positif,” tegas Kadispenad.

“Insan Penerangan TNI AD harus mendukung semua upaya positif dari masyarakat dalam melawan informasi yang tidak benar seperti deklarasi masyarakat anti Hoax pada 6 dan 8 Januari 2016 lalu,” ujar Kadispenad.

“Penerangan harus mampu mewujudkan ketahanan informasi dan menjaga tetap tegakknya ketahanan nasional di berbagai bidang kehidupan,” tutur Kadispenad.

Kapenrem mengajak rekan media untuk juga mendukung komitmen anti Hoax tersebut sehingga melalui media dapat menyajikan informasi dan pemberitaan yang benar sesuai fakta sebagai bagian dari proses pembelajaran dan mencerdaskan wawasan masyarakat.

Disinggung kegiatan wisata jurnalistik kali ini, Kapenrem menjelaskan ini sebagai bagian dalam memperingati Hari Jadi Penerangan Angkatan Darat yang kita kemas dalam kegiatan refreshing yang sedikit bernuansa lain. “Kita sengaja laksanakan kegiatan wisata ini untuk sedikit meluangkan waktu meninggalkan rutinitas untuk menulis berita, siaran pers, pengambilan gambar dan berbagai kegiatan jurnalistik lainnya. Kita gelar kegiatan ini untuk semakin meningkatkan sinergitas dan komunikasi antara Penrem 161/Wira Sakti dengan Insan Pers dan media massa,” ungkap Kapenrem.

“Kita bersyukur jalinan keakraban dan kerja sama antara Penerangan Korem 161/Wira Sakti dengan Insan Pers di Kupang dan Nusa Tenggara Timur selama ini dapat berjalan dengan baik, ke depan kita berharap hubungan yang sudah baik ini akan semakin harmonis dan dapat saling mendukung tugas masing-masing”, pungkas Kapenrem. (Penrem 161)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peringati Hari Jadi Penerangan TNI AD Ke 66, Korem 161/Wira Sakti Gelar Wisata Jurnalistik