TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI dan Pramuka Saka Wira Kartika Berexperimen Buat Perahu dari Barang Bekas

By 07 Jan 2017 23:28Kodam V/Brawijaya
10

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI AD bidang teritorial dalam rangka membina generasi muda supaya terhindar dari kegiatan negatif. Disamping itu kegiatan tersebut juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisma serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Atas dasar itu, Koramil 0814/18 Jogoroto menggelar kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika pada Kamis (5/1).

Kopda Ach. Fauzi selaku Pembina dari Koramil 0814/18 mengatakan bahwa pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan yaitu membuat dan uji coba perahu yang terbuat dari gabungan beberapa botol bekas air minum. Menurut Kopda Fauzi kegiatan tujuannya yakni apabila terjadi bencana alam banjir di wilayah Kec. Jogoroto perahu tersebut bisa di manfaatkan sebagai alat evakuasi.

Adapun perahu yang dibuat berukuran panjang 5 meter dan lebar 2 meter yang terbuat dari susunan botol bekas dan disambungkan dengan bambu yang diuji coba di sungai Desa Mayangan yang dapat menampung 5 orang.

Kapten Inf Aman Teguh mengatakan bahwa perahu botol dibuat sebagai edukasi kepada pramuka Saka Wira Kartika Koramil Jogoroto, supaya mereka mencintai lingkungannya.

“Dibutuhkan partisipasi pramuka dan masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik. Pemanfaatan sampah plastik dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dan barang bernilai tinggi serta bisa sebagai alat evakuasi dikala ada bencana banjir,” tandasnya. (Penrem 082/CPYJ )

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI dan Pramuka Saka Wira Kartika Berexperimen Buat Perahu dari Barang Bekas