TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas RI-RDTL Aktif Dalam Kepramukaan di Perbatasan

By 18 Jan 2017 15:20Kodam III/Siliwangi
10

Satuan tugas pengamanan perbatasan Republik Indonesia –Republik Demokratik Timor Leste (Satgas Pamtas RI-RDTL) dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna (GT) ikut serta dalam perkemahan Pramuka. Satgas yang menempati Pos Wini Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti perkemahan Pramuka bersama siswa SMP satu atap (Satap) Negeri Manufonu selama tiga hari dimulai sejak hari Jumat (13/1/2017).

Komandan Pos (Danpos) Wini Lettu Inf Hoer Apandi dan empat orang anggotanya bersama Komandan Koramil Wini Lettu Inf lalu Yuli Ibnu beserta dua orang anggota ikut serta dalam kegiatan perkemahan tersebut.

Pembukaan Perkemahan Pramuka SMP Satap Negeri Manufonu Desa Husu Wini Kecamatan Insana Utara Kabupaten TTU dibuka oleh Camat Insana Utara Dominokus Sio S. Sos. Pada kesempatan tersebut Camat Insana Utara menyampaikan ucapan terima kasih dalam peran aktif dari Satgas Yonif R 321/GT Kostrad di setiap kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Wini.

Dominokus mengatakan, pelaksanaan perkemahan Pramuka ini disamping menjadi program juga dalam rangka meningkatkan kedisiplinan, belajar mandiri dan menambah wawasan terutama di bidang kepramukaan.

Pelaksanaan perkemahan Pramuka diikuti 90 orang siswa dan tujuh orang guru yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMP Satap Negeri Manufonu Jumlianus Ratu, S.Pd berlokasi di Goa Maria Sisali Dusun Temkuna Desa Humusu Wini Kecamatan Insana Utara.

Komandan Pos (Danpos) Wini Satgas RI-RDTL Lettu Inf Hoer Apandi mengatakan, keikutsertaan personel Satgas dalam kegiatan kepramukaan ini untuk memberikan materi kedisiplinan dan wawasan kebangsaaan.

“Kami Satgas Pamtas RI-RDTL dari Yonif R 321/GT dan Koramil Wini terlibat langsung dalam pelaksanaan perkemahan Pramuka ini dan bertanggung jawab dalam pemberian materi baris berbaris , kedisiplinan dan wawasan Kebangsaan serta mengajarkan yel-yel untuk menumbuhkan semangat ”, ujar Lettu Inf Hoer Apandi.

Disela-sela kegiatan kepramukaan, Danpos Wini Lettu Inf Hoer Apandi memberikan bantuan berupa buku tulis 125 pak, 10 box ballpoint, 10 box pensil, 10 box mistar serta 10 box penghapus.

Kepala sekolah SMP Satap Negeri Manufonu Jumlianus Ratu, S.Pd sangat berterima kasih karena adanya kerja sama dengan TNI yang ada di perbatasan sangat membantu sekali dalam bidang kepramukaan.

“Kami merasa kurang dalam bidang bela negara oleh karena itu kami sangat berterima kasih kepada Danpos Wini dan Danramil Wini dalam sumbangsih kegiatan kepramukaan ini”, ujar Jumlianus Ratu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas RI-RDTL Aktif Dalam Kepramukaan di Perbatasan