TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tahun Ini, Giliran Yonif 611/Awang Untuk Amankan Perbatasan RI-Malaysia

By 05 Jan 2017 22:38Kodam VI/Mulawarman
whatsapp-image-2017-01-05-at-13-31-09

Satuan Tugas Pangamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long Kodam VI/Mlw, resmi dilepas oleh Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Johny L. Tobing dalam Upacara pelepasan yang digelar di Dermaga Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Rabu (4/1).

Direncanakan Yonif 611/ Awang Long akan bertugas selama 9 bulan ke depan di sepanjang perbatasan RI-Malaysia Sektor Timur di Kalimantan Utara yaitu di Kabupaten Nunukan. Dimana Satgas Pamtas Yonif 611/Awang Long akan menggantikan Satgas Pamtas Yonif 614/Raja Pandita yang akan purna tugas.

Pangdam VI/Mulawarman dalam amanatnya menyampaikan bahwa panjang garis perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara + 1.038 km yang memiliki 13.544 patok. Bila dibandingkan dengan jumlah pos yang tergelar sebanyak 39 pos tentunya tidak seimbang, sehingga adanya Blank Post Area. “Kondisi ini harus benar-benar menjadi perhatian seluruh prajurit selama melaksanakan tugas Pamtas,” tegas Pangdam.

Menurut Pangdam, Pos Pamtas yang sudah tergelar saat ini, beberapa di antaranya berada jauh dari garis perbatasan. Oleh karenanya kehadiran Satgas Pamtas harus mampu memberikan dampak positif bagi kepentingan keamanan perbatasan.

Selanjutnya Pangdam juga mengungkapkan berbagai permasalahan yang terjadi di perbatasan negara yang belum terselesaikan hingga kini, yakni menyangkut kedaulatan dan integritas serta martabat masing-masing negara.

Pangdam mengingatkan bahwa daerah perbatasan memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi seperti penyelundupan, peredaran narkoba, kegiatan illegal logging, pelanggaran perbatasan, termasuk masyarakat pelintas batas secara illegal. “Hal ini harus benar-benar menjadi perhatian seluruh prajurit selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan,” pesan Pangdam.

Pasukan Yonif 611/Awang Long berangkat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menggunakan KRI 503 Teluk Amboina menuju daerah tugas, yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Martinus Hari.

Hadir dalam Upacara tersebut : Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Dwi Wahyu Winarto, S.I.P. , para Staf Ahli Pangdam VI/Mulawarman, Asisten, LO AL dan AU, Kasi Ops Korem 091/Aji Surya Natakesuma, FPD Kota Balikpapan, Danlanal Balikpapan serta Danlanud Balikpapan, Kasat Brimob Polda Kaltim dan Kapolresta Balikpapan, Para Kabalak dan Komandan Satuan. (Pendam VI/ Mlw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tahun Ini, Giliran Yonif 611/Awang Untuk Amankan Perbatasan RI-Malaysia