Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Korem 172/PWY Terima Senjata dan Ratusan Munisi Tajam Dari Masyarakat

Dibaca: 888 Oleh 06 Feb 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prestasi yang gemilang ditunjukkan anggota Korem 172/PWY, melalui upaya Binter dan penggalangan persuasif akhirnya 1 pucuk senjata api dan ratusan munisi tajam berhasil diperoleh dari seorang warga masyarakat Saudara Darius Wenda yang merupakan mantan anggota TRWP (Tentara Revolusi West Papua) pimpinan Mathias Wenda. Saudara Darius Wenda merupakan warga Kampung Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Senjata dan ratusan amunisi tersebut diserahkan langsung secara ikhlas kepada Perwira Staf Korem 172/PWY Lettu Inf Guntur Lukas Tjo’e pada Jumat (3/2/2017) di Kampung Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Penyerahan senjata dan munisi tersebut berawal ketika pemilik senjata saudara Darius Wenda menyampaikan kepada Babinsa Serma Ishaka bahwa yang bersangkutan akan menyerahkan senjata laras panjang dan munisi campuran sebanyak lebih kurang lebih 500 butir dan meminta dilaksanakan pertemuan dan penyerahan di daerah Koya Koso. Kemudian Serma Ishaka melaporkan informasi tersebut kepada Lettu Inf Guntur Lukas Tjo’e. Usai menerima laporan tersebut, Lettu Inf Guntur Lukas melaporkan rencana selanjutnya kepada Danrem 172/PWY Kolonel Inf Boni Christian Pardede.

Baca juga:  Denma Brigif-20/IJK berikan pembekalan Bela Negara kepada siswa SMK Taruna Rajawali

Selanjutnya Lettu Inf Guntur Lukas berangkat menuju lokasi pertemuan yang telah disepakati di daerah Koya Koso. Kemudian bertemu dengan pemilik senjata dan munisi serta dilaksanakan komunikasi antara Lettu Inf Guntur Lukas dengan Saudara Darius Wenda yang intinya menjelaskan tentang maksud dan tujuan sesuai kesepakatan penyerahan senjata. Selanjutnya Darius Wenda menyerahkan senjata dan munisi kepada Lettu Inf Guntur Lukas. Adapun yang diserahkan sebagai berikut, 1 (satu) pucuk senjata api laras panjang rakitan yang telah dimodifikasi, 1 (satu) buah magazen Pistol FN 45 US Army, 502 butir munisi aktif campuran.

Kesuksesan yang ditorehkan oleh satuan Korem 172/PWY ini, adalah wujud keseriusan dalam menciptakan situasi yang aman, damai dan tenteram di tanah yang diberkati oleh Tuhan yaitu tanah Papua.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Boni C. Pardede menyampaikan, anggotannya telah berhasil mendapatkan 1 pucuk senjata api laras panjang rakitan yang telah dimodifikasi, 502 butir munisi aktif dan 1 buah magazen pistol FN 45 US Army. “Sebagai wujud tanggung jawab tugas yang diemban seorang prajurit untuk menciptakan rasa aman ditengah-tengah masyarakat, prestasi ini cukup membanggakan satuan. Ini merupakan suatu kesuksesan yang ditorehkan oleh para anggota di lapangan dalam mewujudkan Papua yang damai, aman dan tentram. Dengan selalu mengedepankan sosialisasi, pendekatan secara persuasif serta penggalangan kepada masyarakat”, katanya.

Baca juga:  Bahas Kesuksesan PON XX, Kasdam XVII/Cenderawasih Ikuti Rapat Bersama Forkopimda Papua Ke V

Pihaknya menjelaskan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari usaha Korem 172/PWY yang selama ini selalu dekat dengan masyarakat. Dimana TNI selalu ada untuk rakyat dan rakyat selalu ada bersama TNI. Sehingga mereka sadar apabila menyimpan barang yang di larang oleh hukum dan negara. Kesadaran warga menyerahkan senjata api dan ratusan munisi aktif tersebut merupakan bukti kesadaran hukum mulai terjadi, dan diharapkan kepada masyarakat lain yang masih menyimpan senjata api segera menyerahkan ke pihak aparat baik TNI maupun Polri. “Jika semua masyarakat sadar akan hal ini, saya sangat yakin kita semua bisa hidup dengan rukun di tanah yang diberkati ini. Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban dimanapun”, pungkas Danrem. (Penrem 172)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel