TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

67 Tahun Pengabdian Kavaleri Tak Pernah Surut

By 13 Feb 2017 15:58Kodam III/Siliwangi
IMG-20170213-WA0008

 

Korps Kavaleri TNI AD memperingati hari jadinya yang ke-67 dalam acara syukuran sederhana yang dipusatkan di Detasemen Kavaleri Berkuda Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (9/2/2017). Tema yang diusung pada peringatan HUT ke-67 adalah Melalui peringatan ke-67 Kavaleri TNI AD Kita Tingkatkan Profesionalisme Prajurit yang Modern dan Dicintai Rakyat”.

Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) Angkatan Darat Brigjen TNI Anang Dwitono, S.E., M.M dalam sambutan peringatan HUT ke 67 Kavaleri Angkatan Darat mengatakan, dalam rangka peringatan HUT ke-67 Korps Kavaleri ini, telah dilaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat profesionalitas prajurit dan kegiatan sosial. Untuk kegiatan profesionalitas prajurit diwujudkan dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan materi pengembangan organisasi satuan Kavaleri, taktik dan teknik serta pengembangan Alutsista Kavaleri di masa depan yang dilaksanakan oleh perwira-perwira muda yang diharapkan memiliki sumbang pikiran untuk kemajuan Kavaleri.
Diungkapkan Danpussenkav, untuk bidang latihan, Korps Baret Hitam telah dapat menunjukkan eksistensinya kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, hal ini telah tergambarkan dalam kegiatan latihan antar kecabangan di Natuna menggunakan alutsista terbaru yaitu Main Battle Tank (MBT) Leopard, hal ini merupakan bukti nyata bahwa Tank MBT dapat digunakan di medan berat / _off road_ di wilayah Indonesia.
“Bukti lain pada tahun lalu bahwa Pussenkav telah berhasil dalam penyelenggaraan lomba tembak piala Kasad, hal ini menegaskan kembali bahwa Korps Baret Hitam tidak pernah surut dalam meningkatkan profesionalitas prajuritnya dan pantang menyerah di dalam setiap pelaksanaan tugas, hal ini tidak terlepas dari bimbingan dan masukan dari sesepuh dan seluruh warga Kavaleri”, ungkap Danpussenkav.
Danpusenkav juga menyampaikan, bahwa tahap akhir kedatangan Tank Leopard akan dilaksanakan pada bulan Maret 2017. sesuai kebijakan TNI AD tentang revisi Renstra tahap II ( 2015- 2019 ) akan dilaksanakan pengembangan gelar satuan Kavaleri. Pada tahun 2016 telah diresmikan Batalyon Kavaleri 12 Kodam XII/Tanjungpura di Desa Peniti, Sungai Burung, Kalimantan Barat.
Direncanakan pengembangan Kompi Kavaleri Kodam IX/Udayana menjadi Detasemen Kavaleri 4 Kodam IX/Udayana yang berlokasi di Denpasar, sedangkan Kompi Kaveleri Tank berada di Kupang.
Tahun 2017 ini akan dibentuk satu Kompi Kavaleri Kodam IX/Udayana yang direncanakan berada di Atambua, satu Kompi Kavaleri Kodam II/Sriwijaya di Palembang serta satu Kompi Kavaleri Kodam Iskandar Muda di Aceh dan pengembangan Detasemen Kavaleri 5 menjadi Batalyon Kavaleri 14 Kodam XVI/Pattimura.
Selain itu direncanakan pula pembentukan satu Kompi Kavaleri Kodam VI/Mulawarman di Balikpapan, satu Kompi Kavaleri Kodam VII/Wirabuana, satu Kompi Kavaleri Kodam VI/Tanjungpura di Pontianak Kalimantan Barat dan satu Kompi Kavaleri Kodam XVII/Cendrawasih di Papua serta alih Kodal Kompi Kavaleri Kodam VII/Wirabuana ke Kodam XII/Merdeka di Manado. Sedangkan untuk tahun tahun 2018 akan dibentuk Brigade Kavaleri Kodam Jaya/Jayakarta.

Acara syukuran peringatan HUT ke-67 Kavaleri Angkatan Darat juga dihadiri Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat Mayjen TNI Purwadi Mukson yang pernah menjabat sebagai Danpussekav serta Mayjen TNI (Pur) Mulyanto dengan acara pemotongan tumpeng dan penembakan meriam kaliber 90 mm menggunakan Tank Scorpion.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IX/Udayana Kodam Jaya Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya KORPRI TNI AD
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

67 Tahun Pengabdian Kavaleri Tak Pernah Surut