TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0707/Wonosobo : Terima Kasih Pelda M. Purba

By 02 Feb 2017 13:04Kodam IV/Diponegoro
bra4 pensiun

Kodim 0707/Wonosobo diawal bulan Februari 2017 melaksanakan Upacara Wisuda Purna Tugas atas nama Pelda M. Purba jabatan Bati Bansus Unit Intel Kodim yang saat ini memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP). Bagi seorang anggota TNI yang telah habis masa pengabdiannya karena usia, maka akan memasuki MPP. Upacara Wisuda Purna Tugas dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono, Rabu (1/2/2017), yang berlangsung di Aula Makodim 0707/Wonosobo.

Pada upacara tersebut Letkol Czi Dwi Hariyono menyampaikan, “Atas nama Negara mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdian selama ini kepada Negara dan Bangsa melalui menjadi tentara. Selamat kembali lagi kemasyarakat karena tentara itu berasal dari rakyat dan sekarang sudah purna maka kembali lagi ke rakyat. Lanjutkan pengabdiannya di masyarakat, karena kita mengabdi itu tidak hanya menjadi anggota TNI. Justru diluar pengabdian masih banyak lagi tinggal kita mau atau tidak saja.”

“MPP itu merupakan masa persiapan menjelang pensiun maka harus disadari aturan masih melekat seperti kalian menjadi anggota aktif. Perlakuan hukum militer masih berlaku, hanya saja sudah tidak melaksanakan tugas kedinasan,” ujar Dandim.

Pelda M. Purba seorang tentara yang dilahirkan di Medan telah mengabdi selama 32 tahun. Selama mengabdi memegang prinsip bahwa apabila dirinya tidak bisa membuat prestasi untuk satuan maupun untuk negara, jangan membuat pelanggaran sekecil apapun. “Kerja didasari dengan penuh keikhlasan sehingga pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan,” kata Pelda M. Purba.

“Sebagai seorang prajurit kita harus memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jika kedua itu dipedomani dan dilaksanakan maka tidak mungkin akan terjadi pelanggaran,” ujar Pelda M. Purba.

Pelda M. Purba juga menyampaikan pesan untuk anggota TNI yang masih dinas agar dalam mengabdi kepada Negara dan Bangsa jangan dinodai dengan pelanggaran. “Karena pelanggaran akan merugikan diri kita juga orang lain seperti keluarga. Syukur-syukur kalau kita bisa berprestasi, buatlah prestasi akan tetapi jika tidak bisa maka lebih baik berperilaku apa adanya. Ikuti aturan yang ada jangan bikin ulah yang tidak baik,” tambah Pelda M. Purba.

Masa penugasan Pelda M.Purba dimulai dari Armed 11/Guntur Geni di Magelang selama 11 tahun. Setelah 11 tahun pindah ke Kodim 0707/Wonosobo selama 22 tahun. Prestasi yang pernah diraih adalah menjadi tim penembak pistol. Dengan prestasi yang diraih adalah menjadi Juara II tingkat Divisi. Untuk penugasan yang pernah dialami Pelda M. Purba adalah tugas operasi Timor-timur.

Pelda M. Purba dalam mengisi waktu luang setelah pensiun adalah menjadi pedagang beras. Usaha dagang ini sudah dirintis dan diprogram sejak lama, yang selama ini kelola oleh istri. Dipilihnya berdagang beras menurut Pelda M. Purba karena setiap orang Indonesia pasti makan nasi sehingga kebutuhan akan beras tiap hari pasti dalam jumlah yang tidak sedikit. Disamping itu juga ikut membantu program pemerintah dalam rangka swasembada pangan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0707/Wonosobo : Terima Kasih Pelda M. Purba