TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Koramil 35/Bumiaji Gelar Karya Bakti Bantu Korban Banjir Dan Tanah Longsor

By 22 Feb 2017 15:37Kodam V/Brawijaya
bra1b

Danramil 35/Bumiaji Kapten Czi Widagdo bersama anggota Babinsa dan unsur aparat terkait, bekerja sama melaksanakan kerja bakti di Desa wilayah Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kerja bakti dilaksanakan di daerah yang terkena terdampak Banjir dan tanah longsor akibat hujan deras yang semalaman mengguyur Kota Batu, Malang, Selasa (21/2/2017).

Daerah yang terkena dampak banjir dan tanah longsor yaitu Dusun Lemah Duwur, Dusun Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Dusun Beru, Dusun Buniaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu dan Dusun Gintung Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Kegiatan ini melibatkan sekitar 450 orang personel diantaranya Personal Koramil 28 orang, Personel Polsek 20 orang, Personel Kecamatan 15 orang, Personel BPBD dan Tagana 30 orang dan Personel PMK 1 Regu 9 Orang. Kegiatan ini juga mengerahkan Mobil PMK guna membersihkan lumpur, Dinas Ciptakarya dan Pengairan mengerahkan truk guna mengangkut sampah, Ormas, ORARI dan RAPI Kota Batu 20 orang serta Masyarakat 300 orang.

Data korban secara materiil yaitu 24 rumah kemasukan air dan lumpur, 1 kandang ternak roboh diterjang banjir terdapat di Dusun Lemah Duwur, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Green House bunga siap panen rusak dan Kebun Jeruk warga juga rusak. Kerugian diperkirakan lebih dari 60 juta rupiah.

Terdapat juga tujuh rumah warga yang terbilang parah terkena dampak banjir air bercampur lumpur masuk rumah dengan ketinggian 10-20 Cm. Akses jalan terganggu karena tertutup lumpur sedalam kurang lebih 15-30 Cm dan pagar jembatan juga rusak karena banjir terdapat di Dusun. Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

Disamping itu terdapat enam rumah warga yang sangat parah tergenang air dan sisa lumpur sedalam 50-100 cm masih ada di beberapa rumah, Perabot Rumah Tangga, 1 buah motor dan genset terendam banjir, kurang lebih 3000-4000 batang tanaman hias rusak atau hilang terbawa banjir, dengan kerugian sekitar 75 juta rupiah.

Banjir dan tanah longsor ini mengakibatkan akses jalan terganggu karena tergenang lumpu. Lokasinya terdapat di Dusun. Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Namun dengan kerja sama yang baik dari semua pihak akses jalan bisa dilalui dengan normal serta rumah warga yang terdampak serta sampah yang menghambat aliran sungat masih dalam pembersihan. (Penrem 083).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan KORPRI TNI AD Kodam XII/Tanjungpura Kodam II/Sriwijaya Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Koramil 35/Bumiaji Gelar Karya Bakti Bantu Korban Banjir Dan Tanah Longsor