TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Langkah Danramil Hindarkan Konflik Adat Suku Kamoro Papua

By 03 Feb 2017 20:25Kodam XVII/Cenderawasih
IMG-20170203-WA0036

Timika РDanramil 1710-03/Kuala Kencana Kapten Inf H.A  Hutabarat melaksanakan komsos kepada masyarakat Suku Kamoro di Iwaka untuk memberikan sosialisasi tentang batas wilayah adat, Kamis (02/02).

Turut hadir Danramil 1710-02/Timika Kapten Inf R.Nainggolan dan para tokoh masyarakat Desa Iwaka yaitu Bapak Elisius, Bapak Liber, Bapak Yulianus, Bapak Budi dan Bapak Apris.

Dalam kesempatan ini Danramil 1710-03/Kuala Kencana menjelaskan tentang batas wilayah adat yang ada diwilayah Distrik Iwaka untuk wilayah Suku Kamoro.

Adapun wilayah adat di Papua merupakan sesuatu yang sangat sensitif dan sangat disakralkan oleh masyarakat putera daerah, sehingga terkadang permasalahan wilayah adat sering menjadi sumber pertikaian antar kelompok masyarakat yang ada di Papua.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang batas adat kepada masyarakat agar tidak terjadi perselisihan dengan suku lainnya, mengingat di wilayah tersebut terdapat suku lainnya.

Adapun atas pelaksanaan komsos tersebut, masyarakat Kamoro mengucapkan terima kasih dengan adanya perhatian dari TNI dan mengharapkan agar kedepannya TNI dan Aparat lainnya dapat menjadi pelindung jika terjadi perselisihan antar suku yang disebabkan oleh masalah tanah adat serta mengancam Kamtibmas.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Langkah Danramil Hindarkan Konflik Adat Suku Kamoro Papua