TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam IM : Mari Kita Bersama-sama Meningkatkan Produksi Pertanian

By 04 Feb 2017 17:55Kodam Iskandar Muda
WhatsApp Image 2017-02-04 at 13.09.04

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman mengajak petani lokal Kabupaten Pidie Jaya untuk meningkatkan produksi pertanian maupun perkebunan di daerahnya.

Ajakan tersebut disampaikan Pangdam IM bersama Bupati Pidie Jaya Bapak Aiyub Ben Abbas yang didampingi dan Wakil Bupati Said Mulyadi, Danrem 011/LW, Asintel Kasdam IM, Aster Kasdam IM, Kapendam IM dan Kadis Pertanian Pidie Jaya saat bertemu dengan sejumlah masyarakat dan kelompok tani Desa Bandar Dua Ulee Gle Pidie Jaya, usai meninjau lahan pertanian di Kecamatan tersebut. Jumat ( 3/1/2017).

Pangdam mengatakan, saat ini potensi sumber daya alam daerah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, apalagi sekarang ini bercocok tanam padi dapat dilakukan bisa tiga kali dan minimal dua kali dalam setahun. Dan di wilayah Aceh memiliki potensi itu bersama dengan daerah-daerah yang lain.

“Aceh ini berada di daerah katulistiwa, daerah yang setiap tahun bisa bercocok tanam padi hingga 3 kali dan minimal 2 kali, ini tidak berarti kita menyia-nyiakan potensi tersebut,” ungkap Pangdam.

Lanjut Pangdam, bahwa Kodam IM dengan Pemerintah Daerah telah melakukan kerja sama di semua bidang, terutama yang lebih penting lagi adalah di bidang pertanian dengan pendampinan terhadap program peningkatan swasembada pangan seperti beras, padi dan membukla lahan.

“Tahun 2017 ini Kodam bersama pemerintah daerah akan membuka 7.500 hektar lahan untuk pertanian. Lahan yang tidak produktif atau tidak dipakai dibuka untuk pertanian. Mudah-mudahan sampai dengan 2019/2020 di Aceh ini makin banyak lahan sawah yang dibuka,” ungkap Pangdam.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan produksi pertanian ini, baik pertanian maupun perkebunan, misalnya disini ini bisa dibuka untuk jagung atau mungkin perkebunan buah-buahan seperti durian, rambutan dan yang jelas kita disini sentranya coklat,” terang Pangdam.

“Yang terpenting masyarakat ikut andil, maka kami TNI bersama Pemda akan memberikan berbagai kemudahan-kemudahan untuk memberdayakan petani supaya ada pekerjaan, ada hasil dan semuanya ini untuk meningkatkan kesejahteraan bagi kita semua rakyat,” pungkasnya. (Pendam IM)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam IM : Mari Kita Bersama-sama Meningkatkan Produksi Pertanian