TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam V/Brw : Ideologi Pancasila Tidak Boleh Tergantikan Ideologi Lain

By 17 Feb 2017 02:45Kodam V/Brawijaya
IMG-20170217-WA0000

 

Pangdam V/Brw Mayjen TNI I Made Sukadana melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Situbondo didampingi Ibu Diah Ayu Made Sukadana. Pada kesempatan kunjungan kali ini (Kamis, 16/2), Pangdam beserta ibu disambut oleh Dandim 0823, Bupati, Kapolres, Ketua DPRD, Kepala Pengadilan dan Kajari Situbondo bertempat di Makodim 0823/Situbondo.

Dalam rangkaian kunjungan kerja Pangdam V/Brw di Kodim 0823/Situbondo, Pangdam melaksanakan ramah tamah dan meninjau situasi dan kondisi Makodim. Sementara itu disaat yang bersamaan Ibu Pangdam juga meninjau kantor Persit Kodim 0823/Situbondo. Dalam kunjungannya ke kantor Persit, ibu Pangdam menyempatkan diri untuk melihat pajangan hasil karya kerajinan tangan buatan ibu-ibu persit Kodim Situbondo dan mengapresiasi karya-karya yang dipajang tersebut sebagai oleh-oleh.

Diakhir kunjungannya di Makodim 0823/Situbondo, Pangdam dan ibu berkenan mengikuti acara tanam pohon untuk memberikan kenang-kenangan dalam kunjungan tersebut. Tanaman yang di tanam dalam acara tersebut adalah pohon Macadamia yang ditanam di halaman depan makodim dan pohon sawo kecik yang ditanam di kebun toga Persit.

Setelah melaksanakan kunjungan ke Makodim, Pangdam dan ibu melanjutkan kegiatan untuk tatap muka dengan Forpimda, toga dan tomas Kabupaten Situbondo bertempat di pendopo kabupaten. Mengawali sambutannya, Bupati Situbondo memaparkan sekilas situasi dan kondisi diwilayahnya yang relatif kondusif. “Kebersamaan yang terjalin merupakan kesadaran bersama semua pihak untuk menjaga wilayah ini untuk tetap aman dan tenteram”, lanjut pak Bupati.

Pangdam V/Brawijaya dalam smbutannya di acara tatap muka dan silaturahmi menjelaskan akan pentingnya mengingat kembali sejarah terbentuknya bangsa dan negara Indonesia. “Memahami segala dinamika dalam proses terbentuknya sangat penting agar bangsa ini (Indonesia) tidak mudah terprovokasi dengan berbagai upaya yang bertujuan memecah belah persatuan dan kesatuan”, jelas Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan tentang konsensus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD ’45 dan Pancasila agar menjadi pedoman setiap pribadi anak bangsa. “Ideologi Pancasila yang menjadi semangat dan jiwa bangsa Indonesia tentunya tidak boleh tergantikan dengan ideologi lain”,terang Pangdam lebih lanjut. Diakhir sambutannya, Pangdam juga mengucapkan rasa terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah berupaya menjaga situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Situbondo.

Saling bertukar cinderamata antara Pangdam V dan Bupati menjadi sesi penutup kegiatan silaturrahmi ini. (Penrem 083/Bdj)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kodam V/Brawijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam V/Brw : Ideologi Pancasila Tidak Boleh Tergantikan Ideologi Lain