Skip to main content
Kodam IX/Udayana

Tingkatkan Swasembada Pangan Kodim 1616/Gianyar Gelar Tanam Padi Serentak

Dibaca: 15 Oleh 22 Feb 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kegiatan tanam padi serentak sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 dan dilaksanakan secara serentak dan terstruktur. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai terobosan baru pengendalian hama dan penyakit dalam rangka mewujudkan swasembada pangan. Tanam padi serentak didasarkan kepada berpikir normatif, demi masa depan bangsa dan pemecahan masalah produksi padi menghadapi ledakan jumlah penduduk.

Dalam kaitan ini, Kodim 1616/Gianyar kembali melaksanakan menanam padi dalam upaya meningkatkan kegiatan swasembada pangan di Kabupaten Gianyar khususnya di Ubud (21/2/2017).

Kegiatan tersebut berupa penanaman padi secara serentak yang dilakukan di areal persawahan Subak Blimbing, Desa Mawang, Kecamatan Ubud.

Kegiatan penanaman padi serentak dilakukan oleh anggota Kodim 1616/Gianyar dipimpin oleh Wadanramil 1616-02/Ubud Kapten Inf Made Suteja bersama anggota Distan (Dinas Pertanian) Gianyar serta warga setempat. Kegiatan tanam padi serentak menggunakan bibit padi Cigeulis pada lahan seluas 35 Hektare.
“Tanam padi serentak ini dapat meningkatan produksi di Kabupaten Gianyar, dan ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan sehingga hal ini akan memberi kesejahteraan bagi petani,” ujar Wadanramil.

Baca juga:  DANREM 161/WS PIMPIN ZIARAH NASIONAL HARI PAHLAWAN

Kegiatan penanaman secara serentak diprioritaskan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan di wilayah dengan menggunakan sistem padi Cigeulis dan sistem tanam Jajar Legowo.(Kodim 1616 Gianyar)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel