TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Apel Dansat Mewujudkan Satuan Siap Operasional

By 22 Mar 2017 21:37Berita Satuan
IMG-20170322-WA0028

Kegiatan Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam XVI/Pattimura Tahun 2017 yang dilaksanakan di Markas Komando Batalyon Infanteri Raider Khusus 732/Banau Desa Porniti Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat secara resmi dibuka oleh Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo.

Kegiatan ini turut dihadiri Pa Ahli, Pa LO TNI AL, Pa LO TNI AU, Para Komandan Satuan, Para Kepala Badan Pelaksana Kodam, Para Asisten Kasdam di XVI/Pattimura. Selain itu Apel Dansat juga diikuti oleh seluruh Komandan Satuan baik Satkowil, Satpur, Satbanpur dan Satbalak/banmin dengan total peserta mencapai 169 Orang.

Kegiatan Apel Dansat sendiri merupakan sarana untuk evaluasi hasil pembinaan satuan dan kepemimpinan Dansat dihadapkan dengan dinamika tantangan tugas yang terus berkembang serta mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ditemukan di jajaran Kodam XVI/Pattimura, sehingga dapat dirumuskan secara lebih jelas konsep pembinaan yang harus dilakukan oleh unsur pimpinan atau komandan. Selain itu juga, Apel Dansat ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman Komandan Satuan berkaitan dengan pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD khususnya Kodam XVI/Pattimura yang selanjutnya dapat dijabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan sehingga mampu mencapai sasaran dan terwujud satuan yang siap operasional dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVI/Pattimura. Adapun tema yang diusung dalam Apel Dansat kali ini yaitu “Melalui Apel Dansat Tersebar Kodam XVI/Pattimura Tahun 2017, Kita Wujudkan Prajurit Kodam XVI/Pattimura Yang Kuat, Hebat, Profesional Siap Melaksanakan Tugas Pokok”.

Kegiatan Apel Dansat dilaksanakan selama tiga hari tersebut diisi dengan berbagai kegiatan baik berupa pembekalan, diskusi, evaluasi hingga pemeliharaan kemampuan dasar Prajurit. Sasaran pelaksanaan kegiatan tersebut membangun inovasi dan inisiatif Komandan Satuan sehingga senantiasa melakukan berbagai terobosan dalam rangka perbaikan kualitas satuannya masing-masing.

Kapendam XVI/Pattimura dalam keterangannya kepada awak media menyampaikan bahwa kegiatan Apel Dansat tersebar Kodam XVI/Pattimura yang diselenggarakan di Mako Yonif RK 732/Banau selama 3 hari dari tanggal 21 s.d 23 Maret 2017 diisi dengan berbagai kegiatan baik berupa pembekalan dari para Pejabat seperti Kapolda Malut, Kabinda, Sultan Tidore, Sultan Ternate, Sultan Jailolo, CEO Buka Lapak.com. Kegiatan Apel Dansat juga diharapkan dapat menjadi pengetahuan baru bagi para peserta yang dapat diimplementasikan dalam rangka menunjang tugas pokok satuan.

Selain itu dilaksanakan kegiatan Evaluasi disetiap bidang, Kesegaran Jasmani, Menembak Senapan dan Pistol, renang 1 km. Hal tersebut ditujukan agar tercapainya sasaran optimal seiring terbentuknya Prajurit yang disiplin, jago perang, jago menembak, jago bela diri dan memiliki fisik yang prima melalui peningkatan kualitas, soliditas dan kepemimpinan lapangan para Komandan Satuan. (Penrem 152)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Apel Dansat Mewujudkan Satuan Siap Operasional