TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bendungan Napunggete Tingkatkan Pertanian Masyarakat Sikka

By 06 Mar 2017 12:37Berita Satuan
4 (1)

 

Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa,S.E.,M.M., melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 1603/Sikka, sekaligus meninjau lokasi Bendungan Napunggete, di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat, (03/03/2017).

Progres pembangunan Bendungan Napunggete di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini telah mencapai 6,1 persen atas Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Mega proyek tersebut dibangun di atas lahan seluas 161,61 hektar dengan status kepemilikan lahan adalah milik masyarakat Desa Ilimedo, Kecamatan Waiblama. Menurut rencana peresmian jembatan ini akan dilakukan Presiden RI Joko Widodo.

Ketika tiba di lokasi Bendungan Napunggete, Danrem 161/Wira Sakti menerima penjelasan dari Konsultan pengerjaan PT. Nindia Karya, Ir. Agung tentang denah atau lokasi pekerjaan proyek bendungan yang ada di Dusun Uru Desa Ilin Medo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka.

Danrem 161/Wira Sakti mengatakan, tujuan dan kehadirannya mengunjungi lokasi Bendungan Napunggete adalah untuk mengecek kesiapan dan persiapan mulai dari landasan helipad, jalan masuk menuju Bendungan Napunggete dan tempat tenda undangan dimana akan dilaksanakan ground breaking oleh Presiden Republik Indonesia. “Saya ingin melihat secara langsung proses pengerjaannya,”ujarnya.

Danrem menyampaikan, tujuan dibangunnya Bendungan Napunggete adalah menyediakan bangunan penampung air untuk penyediaan/suplesi air baku dan pengembangan irigasi. Bendungan tersebut akan menyediakan atau menampung air bersih untuk dikonsumsi masyarakat Kabupaten Sikka dengan debit air 200 liter per detik. Selain itu, penyediaan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 230 hektar (intensifikasi) agar prodiksi pertanian di Kabupaten Sikka makin meningkat. “Disamping itu, bendungan ini juga dimaksudkan sebagai pengembangan sektor pariwisata dan pengendalian banjir bagi daerah hilir bendungan,”ungkapnya.

Dalam kunjungannya tersebut Danrem 161/Wira Sakti beserta rombongan didampingi oleh Kasilogrem 161/Wira Sakti Letkol Inf Albertus Doni Dewantoro, Dandim 1603/Sikka Letkol Inf Abdullah Jamali,S.I.P, Kasdim 1603/Sikka Mayor Inf A.A Gede Arnawa., Waka Polres Sikka Kompol Muhamad Saleh dan beberapa pejabat lainnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bendungan Napunggete Tingkatkan Pertanian Masyarakat Sikka