TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1213 Gelar Parade Sepeda Tua.

By 21 Mar 2017 15:14Berita Satuan
bra9b

 

Gelaran rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi Kabupaten Kediri ke 1213 dimeriahkan parade sepeda tua dengan mengambil start_dan _finish di terminal Simpang Lima Gumul. Agenda berlebel “Parade Sepeda Tua Nusantara” ini diramaikan sekitar 5.000 peserta yang terdiri dari perorangan maupun kelompok yang berasal dari dalam dan luar Kediri. Parade sepeda nusantara secara langsung dibuka Bupati Kediri Hj.Haryanti Sutrisno,l didampingi Kasdim Kediri Mayor Inf Joni Morwantoto dan Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono, Minggu (19/03/2017).

Lintasan rute yang dilewati parade sepeda nusantara berawal di terminal Simpang Lima Gumul bergerak ke Jalan Ahmad Yani, Jalan Pemuda, Jalan Diponegoro, Jalan MT Haryono, Jalan Tugurejo dan kembali ke terminal Simpang Lima Gumul dengan jarak tempuh mencapai sekitar 10 Kilometer.

Pada sambutannya, Hj.Haryanti Sutrisno mengingatkan akan sejarah sepeda yang ada di Indonesia yang berhubungan dengan perjalanan bangsa ini menuju kemerdekaan.

“Banyak pendahulu kita menggunakan sarana transportasi darat dengan sepeda karena pada zaman itu sepeda menjadi favorit dan sarana tunggal dikala itu”, ujar Bupati Kediri.

Menurut Mayor Inf Joni Morwantoto, kehadiran parade sepeda tua ini tidak lepas dari mengingatkan dan diingatkan masa-masa kemerdekaan dulu, apalagi sepeda menjadi sarana utama di masa itu. Di masa sesudah kemerdekaan, sepeda juga digunakan tentara dan polisi untuk menjalankan aktifitasnya dalam bidang pertahanan dan keamanan, apalagi waktu itu, kondisi politik pasca agresi militer yang gencar dilakukan dengan blokade-blokade di berbagai jalan, sepeda menjadi alternatif mengirim suatu informasi dari berbagai sumber tentang kondisi dan posisi lawan berada.

Kodim 0809/Kediri mengirimkan 100 peserta berkelompok yang terbagi dalam tiga kelompok. Kelompok A dipimpin Danramil Pare Kapten Arh Ajir, kelompok B dipimpin Danramil Grogol Kapten Inf Suliyono dan kelompok C dipimpin Danramil Wates Kapten Arh Sadino, sedangkan dari Polres Kediri menurunkan 100 orang, Batalyon Mekanis 521/DY menurunkan 100 orang, Brigif 16/WY menurunkan 100 orang dan Pepabri menurunkan 30 orang. (Penrem 082/CPYJ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1213 Gelar Parade Sepeda Tua.