TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hidup Sehat Jasmani Dan Rohani Adalah Idaman Setiap Orang

By 21 Mar 2017 18:04Berita Satuan
bra17

 

Alue Peunyaring – Dalam rangka memperingati HUT persit Ke- 71 tahun 2017, Ketua persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 012 PD Iskandar Muda Ny. Dewi Djaka Budhi Utama mengadakan Ceramah Kesehatan Ca Kanker Serviks, bertempat di Garasi Markas Batalyon Infanteri 116/Garda Samudera. Senin (20/3/17).

Kegiatan ceramah tersebut dihadiri ratusan ibu-ibu persit Cabang XXXV Yonif 116/GS, dengan menghadirkan nara sumber yaitu dr. Armansyah Harahap, Sp.OG salah satu dokter Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Kabupaten Aceh Barat dan didampingi Kepala Rumkit tingkat IV Kesrem 012/Teuku Umar Kapten Ckm dr. Abu Bakar Sidik.

dr. Armamsyah Harahap, Sp.OG dalam ceramahnya menjelaskan, bahwa penyakit kanker leher rahim (Ca Serviks) adalah tumor ganas dan faktor penyebabnya yaitu sperma yang mengandung histone, menikah muda, ganti-ganti pasangan seksual/jumlah perkawinan, rangsangan pada serviks yang terus menerus seperti terjadi peradangan/infeksi virus dan senggama, multiparitas (jumlah persalinan), sosial ekonomi rendah, dan higiene kelamin.

Ia juga menyampaikan, beberapa cara untuk mencegah penyakit kanker tersebut diantaranya, menghindari kawin muda, jangan terlalu banyak anak, menghindari ganti pasangan, merawat dan menjaga kebersihan kelamin, hindari penyakit kelamin, makan makanan bergizi, dan melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala.

Sementara itu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 012 PD Iskandar Muda dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwasanya hidup sehat jasmani dan rohani serta jauh dari penyakit adalah idaman setiap orang, namun untuk dapat hidup sehat seperti yang diharapkan tidak semua orang tahu caranya. Oleh karenanya kita perlu mengetahui bagaimana cara agar kita dapat hidup sehat jasmani dan rohani terhindar dari berbagai penyakit.

Lanjutnya, kunci keberhasilan dalam menciptakan bahtera kehidupan rumah tangga bahagia tidak selalu ditentukan kemewahan harta, tetapi kebahagian itu ditentukan dari tiga aspek yaitu, sehat jasmani, rohani dan harmonis dalam kehidupannya serta cukup sandang pangannya.

“Tidak ada artinya kita banyak harta kalau kehidupan keluarga kita sering sakit. Biar hidup sederhana tapi keluarga kita sehat dan jauh dari penyakit, tentu kehidupan akan lebih bahagia,”ucap Ny. Dewi Djaka Budhi Utama.

Ny. Dewi berharap, dengan digelarnya acara ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan khusunya bagi para wanita untuk selalu

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hidup Sehat Jasmani Dan Rohani Adalah Idaman Setiap Orang