TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Hut Demak, Kodim Demak Gelar Aksi Yongmoodo

By 31 Mar 2017 13:36Berita Satuan
14 (6)

 

Demak. Peringatan hari ulang tahun Kabupaten Demak (HUT Demak) ke-514 di Alun alun Masjid Agung Demak pada Rabu (29/03) berlangsung dengan meriah dan lancar. Berbagai atraksi ditunjukkan untuk meramaiakan perayaan tersebut mulai dari drama tari kolosal sampai peragaan beladiri. Kodim 0716/Demak kali ini ikut juga berperan aktif dalam mengisi pertunjukan dengan menampilkan beladiri yongmoodo.

Atraksi beladiri militer TNI yongmoodo yang ditampilkan oleh 30 orang prajurit Kodim 0716/Demak nampak cukup menarik dan memicu decak kagum banyak orang, kelihatan masyarakat cukup antusias menyaksikan pertunjukan tersebut. Prajurit Kodim 0716/Demak menunjukkan kelihaian beladiri mereka dihadapan Bupati Demak H.M Natsir, pejabat tinggi Kabupaten Demak dan juga ratusan warga yang datang ke acara puncak peringatan hari jadi Kab.Demak.

Di tengah terik mentari yang membakar dan kencangnya tiupan angin puluhan personel Kodim 0716/Demak menunjukkan kemahiran dalam teknik pertarungan jarak dekat, teknik menjatuhkan lawan dan perkelahian tanpa menggunakan alat. Materi beladiri yang ditampilkan mulai dari gerakan tangan berupa pukulan, tangkisan dan tusukan. Kemudian gerakan tendangan kaki diarahkan ke arah perut besar, wajah dan tendangan ke samping yang mengarah ke kepala lawan.

Atraksi beladiri kolosal itu juga menampilkan pertarungan seorang prajurit TNI yang dikeroyok oleh tiga orang musuh. Berbekal dengan kemampuan beladiri tinggi, ketiga musuh yang diskenariokan itu berhasil dilumpuhkan oleh prajurit TNI Kodim 0716/Demak.

Selain itu beberapa prajurit Kodim Demak memperagakan kemampuan kanuragannya. Dalam demo beladiri tersebut terlihat beberapa prajurit Kodim berdiri tegap dan kokoh. Sesaat kemudian datang gerombolan orang yang menggunakan kayu, bambu dan batu bata. Secara bergiliran mereka memukulkan benda-benda tersebut kepada beberapa prajurit Kodim Demak. Hasilnya kayu dan bambu patah kemudian batubata hancur berkeping-keping.

Aksi beladiri yang dilakukan ribuan personel TNI AD Kodim 0716/Demak membuat decak kagum dari ribuan pengunjung yang sejak pagi sudah memadati Alun Alun Masjid Agung, Demak. Gemuruh tepuk tangan segera terdengar keras. Banyak jurus-jurus maut yang dikeluarkan prajurit TNI mulai dari tendangan maut, membanting musuh hingga terjatuh, lompatan harimau dan berduel dengan tangan kosong.

Perwira Seksi Operasi Kodim 0716/Demak Kapten N.Pasaribu menjelaskan peringatan puncak HUT Kab.Demak ke-515 sedikitnya dihadiri oleh 5.000 orang, termasuk didalamnya prajurit Kodim 0716 Demak dan tamu undangan sekitar 200 orang. “Sisanya adalah masyarakat yang berkunjung kesini. Anda kan bisa lihat antusias mereka datang kesini,” kata Pasi ops Kodim Kapten N.Pasaribu saat berbincang dilokasi.

Pengamatan dilokasi, ribuan pengunjung sejak pagi datang dan memadati areal Alun alun Masjid Agung Demak. Meski cuaca panas dan berbeda namun keinginan mereka melihat atraksi beladiri Yongmoodo tidak terbendung. Hasilnya ratusan warga tumpah ruah di lokasi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Hut Demak, Kodim Demak Gelar Aksi Yongmoodo