TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jaga Kelestarian Alam Kodim 1711/Boven Digoel Tanam Ratusan Pohon Mahoni

By 03 Mar 2017 16:32Berita Satuan
11 (1)

 
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kodim 1711/Boven Digoel dipimpin langsung Dandim Letkol Inf. Raymond P. Simanjuntak beserta anggota Kodim 1711/BVD dan Koramil 1711-03/Tanah Merah melaksanakan kegiatan penanaman 600 pohon mahoni di sekitar pangkalan dan lingkungan Makodim.

Dandim mengatakan, kegiatan kali ini dimaksudkan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta mengurangi efek dari pemanasan global. Tujuan jangka panjang, penaman pohon ini mendukung pengisian ruang terbuka pada proses fotosintesa tumbuhan hijau yang menyerap Karbondioksida (Co2) dan mengeluarkan Oksigen (O2) yang sangat dibutuhkan oleh makluk hidup. Terang Dandim.

“Selain untuk mengisi ruang terbuka hijau, kami keluarga besar Kodim 1711/BVD ingin memberikan contoh serta motivasi bagi warga masyarakat Boven Digoel khususnya untuk lebih peduli dengan lingkungan, sehingga mereka mau memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada di sekitar mereka untuk dihijaukan kembali dengan pohon-pohon ini”. Ucap Dandim.

Penanaman pohon mahoni ini juga sebagai penyeimbang alam serta mengurangi erosi yang diakibatkan oleh tergerusnya tanah karena kurangnya pepohonan sehingga dapat menimbulkan bencana banjir. Dengan banyaknya pohon maka struktur tanah akan semakin padat dan akar pohon dapat menyerap air sehingga bahaya bencana tanah longsor maupun banjir dapat diminimalisir.

Sementara itu ditempat terpisah Pasi Intel Dim 1711/BVD, Lettu Inf. Ronny KR menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemda Boven Digoel dalam penyediaan bibit. Hal ini dimaksudkan agar warga masyarakat yang menginginkan bibit untuk ditanam pihak Kodim dapat memfasilitasi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jaga Kelestarian Alam Kodim 1711/Boven Digoel Tanam Ratusan Pohon Mahoni