TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Joko, Anggota TNI di Lampung yang Hobi Bercocok Tanam dan Pelihara Ikan

By 04 Mar 2017 14:42Berita Satuan
04jokojpg_kBVlq

TULANGBAWANG (Lampungpro.com): Ada sisi humanis dari anggota TNI AD Kodim 0426/Tulangbawang ini. Anggota TNI berpangkat Sersan Mayor itu memiliki hobi bercocok tanam dan memelihara ikan. Dialah Joko Riyanto. Di sela tugas dinasnya, dia pun menyempatkan diri menyalurkan hobi positif dengan bercocok tanam lada dan memelihara ikan.

Saat disambangi Lampungpro.com, Joko mengatakan yang dia lakukan merupakan kegiatan sampingan, di luar profesinya sebagai anggota Kodim 0426/Tulangbawang. “Saya bercocok tanam dan memelihara ikan. Sykur-syukur kalau bisa menambah penghasilan bagi keluarga,” kata dia, sambil tertawa, Sabtu (4/3/2017).

Tanaman yang dia budi dayakan adalah lada perdu di lahan ¾ hektare. “Banyak warga yang mengatakan tanaman lada perdu sangat susah karena iklim panas. Hal itu menjadi tantangan bagi saya untuk membudidayakannya. Hanya saya yang pertama menanam lada perdu di Tulangbawang. Ternyata, bisa tumbuh dengan baik, sampai saat ini,” kata dia.

Tak hanya itu, Joko juga menjelaskan, selain menanam lada perdu, dia melakukan sistem tumpang sari dengan tanaman lainnya. “Saya juga melakukan tumpang sari tanaman Jagung, cabai, kacang panjang, pare, terong. Saat panen, ada yang saya sisihkan untuk bersedekah dengan orang yang saya lihat tidak mampu setiap hari Jumat, selain juga ke masjid,” kata ayah tiga anak ini.

Joko berharap, hobi ini tetap bisa dia lakukan. Banyak manfaat yang dia dapat dengan bercocok tanam maupun memelihara ikan. Selain memanfaatkan tanah kosong, dia juga dapat menyalurkan hobi dan memanfaatkan waktu luang jika tidak sedang berdinas. “Hasilnya, bisa tambah-tambah uang dapur dan bisa bersedekah,” kata anggota TNI yang murah senyum itu. (RIO/PRO2)

sumber: lampungpro.com

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Joko, Anggota TNI di Lampung yang Hobi Bercocok Tanam dan Pelihara Ikan