TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kegiatan Penghijauan Dapat Menambah Daerah Reserve Air

By 17 Mar 2017 15:44Berita Satuan
2 (3)

 
Sejumlah titik di wilayah Desa Pucuk, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto menjadi sasaran penghijauan yang digelar oleh Kodim 0815 Mojokerto. Kegiatan ini melibatkan Dinas terkait, Muspika dan komponen masyarakat lainnya, Rabu (15/3/2017).

Tidak kurang dari 5.000 bibit pohon tanaman keras jenis jambu, sirsak, mindi, mahoni, suren dan jati ditanam di Jalan Poros Desa, Lapangan Desa, Lahan milik Desa dan Waduk (Embung) Pucuk .

Dipilihnya wilayah Dawarblandong sebagai sasaran kegiatan penghijauan oleh Kodim 0815/Mojokerto mengingat wilayah Dawarblandong sering menglami krisis air bersih di saat musim kemarau. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah disesuaikan dengan program kerja bidang Teritorial khususnya penghijauan pada Semester I TA. 2017.

Dandim 0815/Mojokerto yang diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Arm Imam Duhri menyampaikan bahwa program penghijauan merupakan bentuk kepedulian TNI AD untuk membantu pemerintah dalam mengatasi kerusakan lingkungan.

Lebih lanjut dikatakan Pabung bahwa ada beberapa manfaat dari penghijauan ini yaitu untuk menghijaukan bumi agar lebih asri, mengurangi polusi udara dan pemanasan global serta mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah sehingga tidak terjadi longsor. Selain itu manfaat lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan alam. “Melalui kegiatan penghijauan dapat menambah daerah reserve air, semoga dengan sering dilaksanakannya penghijauan ini wilayah Dawarblandong yang semula sering mengalami krisis air bersih di musim kemarau, tidak akan terjadi lagi,”Ucap Pabung

Turut serta dalam kegiatan penghijauan kurang lebih 235 orang, antara lain Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Muspika Dawarblandong, Pasi Ter Kodim 0815/Mojokerto Kapten Chb Djenal Abidin selaku koordinator, Ketua PPL Kecamatan Dawarblandong, Kades Pucuk beserta Perangkat, Perwakilan Babinsa Ramil Jajaran Kodim 0815/Mojokerto, Anggota FKPPI, Anggota Saka Wira Kartika Dawarblandong, Warga masyarakat Desa Pucuk, Perwakilan Pelajar SMA/SMK, SMP dan SD. (Penrem 082/CPYJ).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kegiatan Penghijauan Dapat Menambah Daerah Reserve Air