TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kemlu dan TNI Sukses Gelar Pelatihan Perdana 20 Diplomat Uni Eropa

By 11 Mar 2017 11:43Berita Satuan
kemlu-dan-tni-sukses-gelar-pelatihan-perdana-20-diplomat-uni-eropa-pjuGHr2Jfl

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) bekerja sama dengan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI dan perwakilan Uni Eropa (UE) di Jakarta, sukses menggelar pelatihan bagi 20 diplomat UE dalam program Hostile Environment Awareness Training (HEAT). Pelatihan berlangsung di Markas PMPP pada 6-9 Maret 2017 dengan mayoritas peserta dari kalangan penasihat senior bidang keamanan pada Perwakilan Uni Eropa di negara-negara anggota ASEAN.

Para diplomat UE yang ikut dalam pelatihan ini memuji fasilitas dan kemampuan profesionalisme personil PMPP TNI. Selain itu, peserta juga menunjukkan kesan yang sangat positif terhadap muatan program praktIk di lapangan, antara lain, penanganan terorisme, negosiasi pembebasan tawanan, dan berkendara di alam tropis yang sulit.

Komandan Pusat PMPP Brigadir Jenderal Achmad Marzuki menjelaskan, Program HEAT merupakan kerjasama yang bersejarah antara PMPP dengan UE. “Program HEAT ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan antara Indonesia dan Uni Eropa,” ungkapnya pada acara penutupan program HEAT (Kamis 9 Maret 2017),” ujarnya, seperti disunting dari situs resmi Kemlu RI, Sabtu (11/3/2017).

“Program HEAT ini merupakan pilot project dan dapat menjadi role model bagi kerja sama serupa di masa depan. Saya berharap melalui program HEAT ini kita dapat membuka peluang lebih besar dalam meningkatkan kerja sama PMPP TNI dengan Uni Eropa di masa-masa mendatang”, tambahnya.(Sil)

 

sumber: okezone.com

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemlu dan TNI Sukses Gelar Pelatihan Perdana 20 Diplomat Uni Eropa