TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0107/Asel Siapkan Posko Penampungan Serapan Gabah dan Beras Petani

By 16 Mar 2017 11:08Berita Satuan
bra18

Tapaktuan – Untuk menampung serapan gabah dan beras petani dari hasil panen padi dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan masa tanam rendeng periode bulan Oktober 2016 sampai bulan Maret 2017 yang berlangsung hampir serentak di seluruh kecamatan. Kodim 0107/Aceh Selatan bekerjasama dengan Bulog Subdivre Blang Pidie membuka posko penyerapan gabah dan beras petani, sehingga diharapkan hasil panen petani pada bulan Maret 2017 dapat dibeli minimal sesuai dengan standar HPP yang telah ditetapkan pemerintah.

Posko Serap Gabah ini berada di Aula Kantor Camat Meukek bertujuan dapat menampung gabah dan beras hasil panen dari 6 kecamatan yang sedang berlangsung panen raya. Diantaranya Kecamatan Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Tengah, Labuhan Haji Timur, Meukek, Sawang dan Samadua.

“Kepada petani yang akan menjual gabah hasil panennya dapat membawanya langsung ke Posko Serap Gabah atau dapat menghubungi Danramil/Babinsa Koramil 03 Meukek untuk dijemput di lokasi panen,” ujar Dandim 0107/Asel, Letkol Kav. Hary Mulyanto, Senin (14/3/2017).

Posko ini akan tetap buka setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu sampai dengan seluruh gabah dapat ditampung oleh Bulog.

“Posko yang kita buka sejak Kamis 9 Maret lalu ini diharapkan bisa menampung seluruh gabah hasil panen dengan ketentuan harga yang sudah ditetapkan oleh bulog, ini kita harapkan bisa terus berlangsung sehingga dapat meningkatkan daya serap gabah yang maksimal untuk petani di Aceh Selatan,” pungkas Hary.

Harga serap gabah dan beras petani sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai berikut untuk harga beras premium Rp 7.500 dengan spesifikasi mutu derajat susoh 95%, kadar air 14%, butir patah 15% dan butir menir 2%. Beras medium Rp 7.300 dengan spesifikasi mutu derajat susoh derajat susoh 95%, kadar air 14%, butir patah 20%, butir menir 2%. Beras biasa Rp. 7.150 dengan spesifikasi mutu derajat susoh 95%, kadar air 14%, butir patah 25%, butir menir 2%.

Untuk harga gabah kering giling Rp. 4.650 dengan spesifikasi mutu Kadar Air 14% (maks), Kadar Hampa 3% (maks), gabah kering simpan Rp. 4.200 dengan spesifikasi mutu kadar air 14%(maks), kadar hampa 6%(maks). Gabah kering panen Rp. 4.050 dengan spesifikasi mutu Kadar Air 14-18%, kadar hampa 7-10%. (sumber: https://kodamim-tniad.mil.id)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IX/Udayana Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0107/Asel Siapkan Posko Penampungan Serapan Gabah dan Beras Petani