TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0806/Trenggalek Gelar Pelatihan Bela Negara Kepada Siswa Siswi MAN Trenggalek

By 06 Mar 2017 12:40Berita Satuan
3 (3)

 
Sebanyak 131 Siswa/Siswi MAN Trenggalek kelas X menerima materi Bela Negara dan melaksanakan PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang diselenggarakan di Kodim 0806/Trenggalek. Minggu, (5/3/2017).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Diklat Paskibra/Pasukan Pengibar Bendera yang diselenggarakan oleh Siswa/Siswi MAN Trenggalek kelas X

Tepat pukul 04.30 WIB, sebanyak 131 Siswa/Siswi MAN Trenggalek kelas X tiba di Kodim 0806/Trenggalek. Dalam kegiatan ini, siswa siswi MAN Trenggalek dipimpin oleh bapak Budi Utomo Pengasuh MAN Trenggalek.

Selanjutnya para Siswa/Siswi MAN melaksanakan Shalat Subuh di Masjid An Nur Kodim 0806/Trenggalek kemudian melaksanakan senam pagi dan pembersihan di area Komplek Kodim 0806/Trenggalek.

Sebelum menerima materi Bela Negara, para Siswa/Siswi MAN melaksanakan makan pagi di Aula Kodim 0806/Trenggalek. Tampak keceriaan di raut muka para generasi penerus bangsa untuk segera menerima materi Bela Negara tersebut.

Kapten Inf Rabunondo, Danramil 0806/01 sebagai narasumber materi Bela Negara menyampaikan kepada para Siswa/Siswi MAN antara lain tentang pemahaman perang modern.”Saat ini perang modern tidak lagi menggunakan senjata namun menggunakan media sosial untuk mempengarui opini massa,”ujar Danramil.

Selanjutnya Danramil menyampaikan, “Yang harus kita lakukan sekarang adalah melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya masing-masing. Jika masih sekolah maka harus rajin belajar, jika sebagai Guru maka harus memberikan pelajaran kepada anak didiknya dan jika sebagai anggota TNI maka harus melaksanakan Tugas Pokoknya sebagai TNI yaitu menjaga Kedaulatan Wilayah NKRI”.

Kemudian Danramil menyampaikan pokok-pokok pikiran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa yang sangat majemuk ini. “Kondisi Bangsa Indonesia saat ini rawan dengan perpecahan, jika kita tidak bersatu maka Indonesia akan terpecah dan mudah diadu domba. Belajar dari pengalaman dahulu saat Bangsa Indonesia dijajah oleh Belanda dan Jepang, persatuan dan kesatuan menjadi modal sehingga Bangsa Indonesia bisa merdeka,” tutur Danramil.

Pada bagian lain Danramil berpesan kepada para siswa siswi MAN Trenggalek agar selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial.
“Berhati-hatilah jika menggunakan media sosial karena tidak semua berita /informasi dalam media sosial adalah benar,” tegas Danramil.

Selesai menerima materi Bela Negara, para siswa siswi MAN Trenggalek melaksanakn latihan PBB dengan Pelatih Serka Bambang dan Sertu Pait. Adapun latihan yang diberikan antara lain latihan penghormatan kemudian Baris Berbaris baik di tempat maupun dengan berjalan.

Bapak Budi Utomo pengasuh siswa siswi MAN mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0806/Trenggalek yang telah memberikan bekal Bela Negara dan latihan PBB kepada para siswa siswi MAN Trenggalek. Selanjutnya Bapak Budi Utomo berharap agar para siswa eiswi MAN nantinya dapat menerapkan ilmu yang sangat berharga ini.(Kodim 0806/Trenggalek)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0806/Trenggalek Gelar Pelatihan Bela Negara Kepada Siswa Siswi MAN Trenggalek