TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim Tanam Cabai Di Polybag, Solusi Mahalnya Harga Cabai

By 21 Mar 2017 15:58Berita Satuan
bra2b

 
Memanfaatkan tanah di pekarangan masing-masing dengan menanam berbagai tanaman produktif. Hal ini bertujuan dapat membantu memberi solusi permanen bagi ibu-ibu menghadapi perkembangan harga cabai maupun sayur mayur lainnya.

Setelah ditanam tidak lantas dibiarkan, namun harus dirawat dengan disiram serta diberi pupuk supaya tumbuh subur dan berkembang dengan baik.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Kodim 0312/Padang Letkol Kav Eryzal Satria, S.E., pada saat kegiatan panen cabai yang ditanam dalam polybag beberapa bulan yang lalu di pekarangan depan Makodim 0312/Padang, Senin (20/3/2017).

Komandan Kodim mengatakan bahwa program ini menjadi momentum pembelajaran bahwa kebiasaan memetik hasil pertanian yang merupakan hasil tanaman sendiri jauh lebih baik dari pada membeli hasil pertanian orang lain. “Apabila kita dapat menanam cabai dan sayur-sayuran di pekarangan rumah masing-masing mungkin kenaikan harganya tidak menjadi fantastis, dengan sendirinya tindakan tersebut sudah merupakan solusi mengatasi mahalnya harga cabai di pasaran,” ujar Dandim.

Supaya hal ini dapat menyentuh dan dilaksanakan oleh masyarakat maka jajaran Kodim 0312/Padang mengharapkan peran aktif Babinsa di lapangan untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat binaanya tentang cara menanam cabai di polybag. “Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan memperlihatkan contoh yang telah ada seperti cabai yang kita panen sekarang ini. Apabila kegiatan ini sudah dilakukan oleh masyarakat maka akan dapat menekan lonjakan harga cabai serta ibu-ibu rumah tangga akan dapat memperkecil anggaran pengeluaran rumah tangganya,” terang Dandim.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kasdim, Para Danramil, Perwira Staf Kodim 0312/Padang dan Ketua Persit KCK Cabang LXVI Dim 0312 Ny. Eryzal Satria beserta pangurus. (Penrem 032).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim Tanam Cabai Di Polybag, Solusi Mahalnya Harga Cabai