Skip to main content
Kodam XII/Tanjungpura

Lagi, TNI Tangkap Tiga Warga Tiongkok Ilegal

Dibaca: 342 Oleh 27 Mar 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Anggota Kodim 1202 Singkawang bersama Tim Intelijen kembali menangkap tiga Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok di kamar 203 lantai dua Hotel  Dangau di Jalan Ahmad Yani, Singkawang, Kalbar, Jumat (24/3) siang.

Sebelumnya, empat WNA asal Tiongkok diringkus, Kamis (23/3) di Desa Capkala, Kecamatan Capkala, Kabupaten Bengkayang. Mereka adalah Xu Yadong, Su Baisheng, Du Heping dan Zhao Kewu. Kemudian Jumat (25/3) dinihari sekitar pukul 01.00, ditangkap He Mingbiao yang kemudian diserahkan ke Kantor Imigrasi Singkawang.

Kodim 1202 Singkawang bersama Tim Intelijen melakukan pelacakan. Diketahui dua WNA yang belum tertangkap berada di sebuah hotel di Kota Singkawang.

Saat penyergapan berlangsung, ternyata bukan hanya dua orang WNA asal Tiongkok yang kabur sebelumnya. TNI juga meringkus seorang WNA dalam satu kamar. Tiga WNA yang diamankan itu di antaranya Weng Dezhu, Weng Ziyi dan Huang Yanun.

Menurutnya, apabila ada yang melanggar, maka pihak Imigrasi yang akan menindaklanjuti. “Kesulitan kita karena wilayah di perbatasan cukup panjang, sehingga untuk pengawasan diperlukan peran seluruh rakyat.  Apabila ada yang  mencurigakan segera untuk melaporkan ke aparat, apakah itu Babinsa atau polisi,” jelasnya.

Darody mengatakan, apabila warga asing ingin datang ke Singkawang secara baik-baik, tentu pihak Indonesia tidak melarang. Sepanjang sesuai dengan aturan dan iktikad yang baik. “Menjaga keamanan negara merupakan kewajiban kita bersama,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Singkawang, Huntal Hutauruk mengatakan, pihaknya menerima para WNA asal Tiongkok yang ditangkap pihak Kodim 1202 Singkawang yang merupakan bagian dari Tim Pengawasan Orang Asing. “Kita akan mengeceknya dan dilakukan pengecekan sponsornya,” katanya.

Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Singkawang, Jose Rizal mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap para WNA asal Tiongkok yang telah  diamankan tersebut. (hen/fab/JPG)

Sumber : Jawapos.com 

 

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel