TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menjaga Wilayah Sumsel Terhindar Dari Kebakaran Hutan

By 10 Mar 2017 16:26Berita Satuan
6 (1)

 

Dansatgas Karhutla Provinsi Sumatera Selatan sekaligus Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. menghadiri kegiatan apel gelar pasukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dipimpin Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar, bertempat di halaman Kantor Bupati OKI, Sumatera Selatan, Kamis (9/3/2017).

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh 1.214 orang yang terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD Kabupaten OKI, Disdik, Disbunak, Dinkes, RSUD, Puskesmas Kayuagung dan Kotaraya, Dinsos, Satpol PP, Manggala Agni, Pramuka dan Kades serta perwakilan 24 Perusahaan yang ada di wilayah Sumsel.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo mengatakan, Korem bersama BPBD akan bersama-sama memulai secara dini melakukan kesiapan menjaga wilayah Sumsel agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan seperti yang terjadi pada tahun 2015 lalu. “Diharapkan dengan kegiatan ini akan diketahui kesiapan masing-masing instansi yang terlibat dalam operasi penanggulangan Karhutla 2017, sehingga kebakaran tidak akan terjadi lagi,” ujarnya.

“Mari kita bersatu menjaga hutan agar senantiasa terpelihara dengan baik. Merupakan tanggungjawab kita semua menjaganya agar tidak terjadi kebakaran hutan di wilayah Sumatera Selatan,”tegas Danrem Gapo.

Sementara itu, Bupati OKI Iskandar meminta, agar pada 2017 tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan. “Cukuplah peristiwa pada tahun 2015 sebagai pelajaran bagi kita semua, betapa sulitnya untuk mengantisipasinya,”ujarnya.

“Kita juga sama-sama tahu dampak dari kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015, tidak terhitung berapa banyak kerugian yang kita alami kerugian karena dampak dari aktivitas ekonomi yang berhenti, dampak gangguan kesehatan dan hilangnya habitat keragaman hayati yang tidak bisa dihitung secara ekonomi. Oleh sebab itu, semuanya harus antisipasi jangan sampai peristiwa kebakaran tahun 2015 terulang lagi pada tahun 2017 ini,” ungkap Bupati OKI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menjaga Wilayah Sumsel Terhindar Dari Kebakaran Hutan