TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Persit KCK PD IM Sosialisasi Implementasi Kurikulum Paud

By 17 Mar 2017 14:56Berita Satuan
WhatsApp-Image-2017-03-16-at-4.12.10-PM-580×386

BANDA ACEH- Ketua Yayasan Kartika Jaya cabang XIV  Iskandar Muda Ny. Dewi Tatang Sulaiman yang diwakili ketua bidang pelaksana pendidikan Ny. Dyah Fajar Budiman bersama ketua Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Provinsi Aceh Ibu Nina Afrianti.Spsi. S.Pd mengadakan sosialisasi implementasi kurikulum -13 Paud, bertempat di ruang Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodam Iskandar Muda. Kamis (16/3/17).

Kegiatan sosialisasi yang digelar selama dua hari tersebut, diikuti sebanyak  58 orang  guru Paud dijajaran yayasan Kartika Jaya Cabang XIV Iskandar Muda.

Dalam kesempatan tersebut, ketua bidang pelaksana pendidikan mengatakan sosialisasi Paud ini merupakan sarana strategi untuk penyamaan persepsi antara dinas pendidikan dengan para pengawas dan pengelola taman kanak- kanak.

Selain itu, kata Ny Dyah Fajar Budiman, Paud yayasan Kartika Jaya XIV Iskandar Muda memiliki Visi dan Misi yang dapat meningkatkan pengelolaan program Paud, adapun visi tersebut yaitu mewujudkan cita-cita bangsa   indonesia  yaitu masyarakat yang sejahtera,adil dan makmur  baik material maupun spritual yang berbudi luhur,cerdas dan terampil. Sementara misinya yaitu meningkatkan harkat dan martabat serta kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan sebagai generasi penerus yang inovatif, kreatif dan produktif dengan membantu  memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa sejak dini dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar. Sementara itu ketua Himpaudi Provinsi Aceh Ibu Nina Afrianti.Spsi. S.Pd menyampaikan, usia dini merupakan masa emas perkembangan ( Golden Age ) perkembangan anak terjadi pada usia dini sangat pesat.

Ia juga menjelaskan, perkembangan kecerdasan memerlukan stimulasi dari lingkungan, “jika  stimulasi dilingkungan berkurang akan  menyebabkan perkembangan potensi kecerdasaan anak tidak optimal,” katanya.

Lanjutnya, ada tiga cara yang membuat anak-anak dapat belajar dengan baik diantaranya yaitu, orang-orang yang ada disekitar kita menyenangkan ( pendidikan yang ramah ), lingkungan yang menyenangkan ( tersedia alat bermain yang memadai ), dan proses pembelajaran yang mendukung ( kebebasan berpikir tanpa ada tekanan). Oleh sebab itu, bagi guru-guru Paud intinya jangan menjadikan anak jadi takut sama kita, sayangi mereka maupun mereka anak kalangan bawahan jangan pilih kasih, sayangi mereka seperti kita menyayangi anak kita sendiri,”tutupnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Persit KCK PD IM Sosialisasi Implementasi Kurikulum Paud