TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit TNI Bentuk Kelompok Tani Pertama di Distrik Unurum Guay Papua

By 10 Mar 2017 16:02Berita Satuan
5 (2)

 

Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pertanian, membuat anggota Koramil 1701-16/Unurum Guay bersama Penyuluh Petani Lapangan (PPL) membentuk kelompok tani yang diberi nama kelompok Tani Sejahtera bagi masyarakat di Distrik Unurum Guay, Kabupaten Jayapura, Rabu (8/3/2017).

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan mutu kelompok tani Sejahtera di bidang pertanian, anggota Koramil 1701-16/Unurum Guay secara terus menerus mendampingi, membina dan mendorong kelompok Tani Sejahtera untuk mengembangkan potensi lahan yang berada di Distrik Unurum Guay, khususnya di Kampung Pemekaran Loatam.

Meskipun lahan di Kampung Pemekaran Loatam tidak seperti lahan sawah di daerah-daerah lain, yang memiliki saluran irigasi memadai, anggota kelompok Tani Sejahtera tetap bersemangat mengolah lahan sawah yang baru pertama kali dibuka di kampung Loatam.

Lettu Inf SN. Wijaya selaku Danramil 1701-16/Unurum Guay mengatakan, baru pertama kali dibentuk kelompok tani di Distrik Unurum Guay dengan nama kelompok Tani Sejahtera. “Ini juga merupakan yang pertama kalinya dibuka lahan sawah di Distrik Unurum Guay,”ungkapnya.

Sementara Melky selaku pemilik lahan sawah yang sekaligus merupakan anggota kelompok Tani Sejahtera, mengaku sangat bangga meskipun luas lahanya hanya 1 hektar terus mendapat bimbingan dari anggota TNI dan PKL. “Waktu menanam padi, saya pun dibantu anggota Koramil 1701-16/Unurum Guay bersama kelompok Tani Sejahtera dengan menanam bibit padi jenis gogo IR 46,”ujarnya.

Sedangkan Kepala Distrik Unurum Guay Manase Jek didampingi oleh Rahman selaku Penyuluh Petani Lapangan Distrik Unurum Guay, hadir dalam kegiatan tanam padi perdana di kampung Loatam, Distrik Unurum Guay tersebut.

Manase Jek mengungkapkan, sangat bangga dengan kelompok Tani Sejahtera, walau baru dibentuk, tetapi telah menunjukkan semangat serta kemauan untuk maju dengan segala keterbatasan yang ada. Manase Jek mengajak seluruh warga masyarakat kampung pemekaran Loatam untuk menjadikan daerah tersebut sebagai daerah percontohan dan pusat pertanian di Distrik Unurum Guay. “Semoga dalam waktu dekat kebutuhan yang telah diajukan ke Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura dapat segera terealisasi,”harapnya.

“Mewakili masyarakat Distrik Unurum, saya megucapkan terima kasih kepada Danramil 1701-16/Unurum Guay beserta seluruh anggotanya dan Penyuluh Petani Lapangan yang telah mendampingi kelompok Tani Sejahtera mulai dari pembukaan lahan hingga nantinya pada saat panen tiba. Saya mengharapkan kebersamaan ini terus berjalan karena masih banyak pekerjaan ke depan yang harus dikerjakan demi mensukseskan program pemerintah dalam swasembada pangan,”pesan Manase Jek.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit TNI Bentuk Kelompok Tani Pertama di Distrik Unurum Guay Papua