TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pramuka Penegak, Ujian Ilmu Kepramukaan Semester Genap

By 31 Mar 2017 15:27Berita Satuan
16 (3)


Tualang Cut – Sebanyak 149 orang Pramuka tingkat penegak SMU Negeri 1 Manyak Payed melaksanakan ujian ilmu pramuka semester genap selama satu hari di Mayonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Kamis (30/03/17). Adapun materi yang diujikan untuk gelombang pertama ini, mulai dari materi peraturan baris-berbaris, Pionering dan Morse.
Pembina pramuka Penegak SMU Negeri 1 Manyak Payed, Laili Mulayana menyebutkan, ujian ini merupakan bagian dari penilaian sekolah, untuk semester genap pada tahun ini. Seluruh anak murid diharuskan, karena ini sudah menjadi salah satu pelajaran di sekolah tentang kepramukaan. “Oleh sebab itu, setiap semesternya kami mengambil nilai mereka dengan di uji ketrampilan dan kemahiran anak didik, dalam penguasaan materi ilmu pramuka,” katanya.
Sementara itu, Danyonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti Mayor Inf Muhammad Iqbal Lubis diruang kerjanya mengatakan, terlibatnya prajurit Raider Khusus 111/Karma sebagai pelatih pramuka ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat kepada TNI, khususnya Raider Khusus 111 untuk di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. “Ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan teritorial terbatas satuan tempur Kodam Iskandar Muda, khususnya satuan Raider Khusus 111/Karma Bhakti,” katanya.
Ia menyatakan, selama ini banyak hal yang sudah dilakukan satuan Raider Khusus 111 dengan masyarakat dalam menjalankan program pembinaan Teritorial terbatas, salah satunya kegiatan pramuka.
Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala sekolah SMU Neger 1 Manyak Payed Drs. H. Anshar Yahya, Sertu Wijaya beserta pelatih lainnya dan para siswa SMU Negeri 1 Neger 1 Manyak Payed yang tergabung dalam pramuka tingkat penegak.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pramuka Penegak, Ujian Ilmu Kepramukaan Semester Genap