TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Program Emas Hijau dan Emas Biru: Dari TNI untuk Rakyat Maluku

By 09 Mar 2017 22:01Berita Satuan
emas2

Mimpi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo untuk melepaskan ketergantungan masyarakat Maluku terhadap penambang emas kuning dan Batu Cinnabar kian terwujud. Progam Emas Hijau dan Emas Biru yang ia canangkan mendapat dukungan penuh dari Gubernur Maluku Said Assagaff.

Dalam acara pencanangan pembibitan pohon di Pulau Seram, Said mengatakan, dengan sejarahnya Maluku sebagai pulau yang banyak diincar pihak asing sebagai penghasil rempah-rempah dan kaya akan ikan, kini saatnya kekayaan alam tersebut digunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saatnya kita kembali alam, ke depannya yang akan banyak diincar orang adalah produk-produk yang alami,” kata Said di Pulau Seram, Maluku, Kamis (9/3).

Ia mencontohkan ikan kerapu dan pohon masoya yang banyak diincar oleh asing dan memiliki nilai jual tinggi. Said menambahkan, program yang diinisiasi Pangdam Pattimura akan membuat TNI memiliki peran lebih dalam masyarakat.

“Kan sekarang kondisinya jauh lebih damai sehingga TNI dapat kontribusi lebih dalam kesejahteraan masyarakat,” ungkap dia.

Dalam acara pencanangan pembibitan pohon tersebut Said bersama para tamu undangan dan pers menaiki kapal cepat dari Ambon menuju Pulau Seram. Batalion 731 di Pulau Seram merupakan pusat pembibitan yang dilakukan Pangdam XVI Mayjen TNI Doni Monardo.

Said Assagaff bersama sejumlah bupati dari kabupaten-kabupaten di Maluku diajak Mayjen TNI Doni Monardo melihat bibit-bibit tanaman langka. Mereka juga sempat mengitari area perkebunan yang ditanami berbagai produk pertanian seperti cengkeh, jagung, durian dan pala.

Selain itu rombongan juga sempat mengunjungi peternakan kambing yang juga menjadi bagian dari program yang diinisiasi Mayjen TNI Doni Monardo.

Sebagian dari usaha ini juga melibatkan masyarakat sekitar sebagai bagian dari percontohan dan kerjasama untuk memakmurkan rakyat. (Sumber : https://kumparan.com)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Program Emas Hijau dan Emas Biru: Dari TNI untuk Rakyat Maluku