TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sekali Gas, Tiga Tugas Pun Terlaksana

By 21 Mar 2017 18:38Berita Satuan
bra15a

 

Aceh Tamiang – “Sekali Gas, Tiga Tugas pun Terlaksana” demikianlah kata perumpamaan yang dilontarkan oleh Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE saat memimpin Tim Trail Kodim yang bergerak dari Koramil 02/Karang Baru menuju Koramil 17/Simpang Jernih, Minggu (19/3/17) pagi.

Pasalnya, perjalanan yang menempuh rute ekstrim dari Kabupaten Aceh Tamiang menuju Kabupaten Aceh Timur sejauh 56 kilometer tersebut dimanfaatkan juga oleh rombongan untuk kegiatan Patroli wilayah pasca Pilkada sekaligus untuk meninjau lokasi perluasan cetak sawah sembari Komunikasi Sosial dengan kelompok tani dan warga masyarakat yang berada di sepanjang rute yang dilalui.

Dandim menyampaikan bahwa ada beberapa lokasi yang ditinjau untuk perluasan cetak sawah wilayah Kab. Atam, diantaranya tiga lokasi berada di Kec. Bandar Pusaka, dua lokasi di Kec. Tamiang Hulu dan beberapa lainnya di Kec. Sekerak. “Perluasan cetak sawah ini, berkaitan dengan Swasembada dan Ketahanan Pangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya petani,” jelas Dandim.

Program Swasembada pangan yang merupakan pemerintah masih berlanjut, untuk itu perlu diadakan komunikasi sosial secara langsung dengan masyarakat karena lokasi yang akan dijadikan perluasan cetak sawah, tentunya berlatar belakang milik perorangan.

“Dengan pemahaman dan penjelasan yang diberikan TNI sebagai pendamping pertanian kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani terkait, diharapkan dapat menumbuhkan opini dan pemikiran bahwa program ini memang semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Pengolahan mulai dari pembentukan lahan hingga pengairan atau irigasi akan dibantu oleh Pemerintah melalui TNI dan Dinas Pertanian, namun hasil yang didapat nanti tentunya untuk petani itu sendiri,” tambah Dandim lagi.

“Kita menggunakan kendaraan Trail karena lokasi yang akan dijadikan perluasan cetak sawah nantinya berada di daerah yang masih terisolir. Setelah program rampung dikerjakan, pastinya lokasi tersebut akan lebih mudah diakses dan dapat dilalui kendaraan. Alhasil, petani terbantu dan masyarakat lain pun pasti ikut merasakan dampak positifnya. Kegiatan ini juga sekaligus bertujuan untuk Monitoring Wilayah dari gangguan keamanan dan ancaman/intimidasi pihak-pihak tertentu pasca pilkada lalu,” tutup Dandim.

Kegiatan yang dimulai dari pk 08.00 Wib pagi itu selesai menjelang maghrib. Adapun Tim Trail Kodim yang ikut melaksanakan kegiatan diantaranya, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE, Kasdim Mayor Inf Luthfi Hadi, SH, Pabung Atim Mayor Inf Sulistiyono, Pabung Atam Mayor Inf A. Yani, Perwira Staf, beberapa Danramil jajaran dan Anggota Kodim.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sekali Gas, Tiga Tugas Pun Terlaksana