TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SEMPU Gelar Kegiatan Road Safety Campaign

By 04 Mar 2017 13:35Berita Satuan
3 (1)

 
Sector East Military Police Unit (SEMPU) memiliki tiga tugas utama yaitu Traffic, Investigasi dan Provost.SEMPU memiliki tanggung jawab untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Area Of Responsibility nya yaitu di Sector East UNIFIL.

Letkol Cpm Joni Kuswaryanto, S.H., Komandan Satuan Tugas TNI SEMPU XXV-I/UNIFIL berpendapat bahwa selain tindakan represif juga sangat diperlukan tindakan yang bersifat preventif yaitu dengan melakukan Road Safety Campaign kepada semua Batalyon dan Unit yang beroperasi di wilayah Sector East, Selasa (28/2/2017).

Kondisi jalan yang didominasi oleh perbukitan di daerah misi UNIFIL, serta ditambah lagi bongkahan salju yang pada musim dingin menutupi jalan atau yang lebih dikenal dengan Black Ice. Hal itu membuat kondisi jalan licin sehingga tingkat kesulitan bagi pengemudi yang berkendara di daerah Area Operation (AO) UNIFIL menjadi lebih tinggi dan kemungkinan terjadi kecelakaan lalu lintas sangat mungkin terjadi.

Bentuk Road Safety yang sangat efektif diantaranya adalah dengan memberikan penyuluhan anggota Motor Transport Officer (MTO) dan pengemudi tim tentang bagaimana cara mengemudi, hal-hal yang harus dipersiapkan dan dicek sebelum mengemudi, administrasi dan ketentuan mengemudi, penjelasan tentang kondisi jalan dan memaparkan beberapa contoh kejadian kecelakaan yang terjadi di wilayah Sector East sebelumnya.

Safety Campaign juga dapat dilakukan dengan pemasangan poster-poster di pintu keluar dan masuk UN Position sebagai himbauan untuk mengemudi secara aman.

Komandan SEMPU secara langsung turun ke Lapangan melakukan kunjungan atau Courtesy Call kepada para Komandan Batalyon atau Komandan Unit yang berada di Sector East Kegiatan ini bertujuan untuk saling tukar informasi dan komunikasi tentang berbagai kejadian Road Traffic Accident di AOR sehingga dengan adanya saling tukar informasi dan komunikasi secara tidak langsung para unsur Pimpinan dan Perwira di Batalyon dan Unit akan dapat memahami pentingnya keamanan berkendara. Disamping itu dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian para Perwira untuk selalu mengingatkan tentang prosedur keamanan berkendara kepada anggotanya di Lapangan.

Pada bulan Januari dan Februari 2017 yang lalu SEMPU telah beberapa kali melakukan kegiatan Road Safety Campaign yaitu diantaranya kegiatan penyuluhan di Indobatt, Penyuluhan di Cambodian Multy Role Engineering Company (CMREC), Courtesy Call ke Komandan Indiabatt, Spanbatt, Indobatt, Nepalbatt serta FPM, dan pemasangan poster Road Safety Campaign di Sector East UNP 7-2.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SEMPU Gelar Kegiatan Road Safety Campaign