TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Peduli Bencana, Babinsa Bantu Rakyat Korban Angin Puting Beliung

By 05 Mar 2017 22:40Berita Satuan
IMG-20170305-WA0005

 
Hujan disertai angin kencang puting beliung pada hari Sabtu (4/3/2017), sekitar pukul 14.30 WIB, kembali menyasar rumah warga Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember.

Daerah yang menjadi korban angin puting beliung diantaranya di Dusun Damsoala RT.03 RW 03 Desa Tegal Rejo, Kecamatan Mayang. Saat itu angin puting beliung melanda warung milik Pak Misno. Warung pak Misno roboh hingga menutupi jalan karena diterpa angin. Hal itu sejenak sempat memacetkan jalur Jember – Banyuwangi. Pada kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Kemudian angin puting beliung juga melanda di beberapa daerah di Kecamatan Mayang diantaranya Desa Marwan Dusun Rowo RT. 02, RW. 16, rumah Bu Rusmina (45) roboh tertimpa pohon. Dusun Rowo RT. 2 RW. 15 terdapat rumah roboh milik pak Budiono (40). Di Desa Mayang Dusun Krajan Gumuk Ampel, angin puting beliung juga merobohkan rumah milik Pak Bukhori (48) tahun. Di Dusun Krajan rumah roboh milik Pak Tarwi (52). Di Dusun Klayu rumah roboh milik Pak Holil (51) dan di Dusun Tegal Gusi rumah roboh milik Bu Maryati (55).Pada kejadian tersebut juga tidak ditemukan adanya korban jiwa.

Danramil 08/Mayang Kapten Arm Seniman saat menerima laporan tersebut, langsung turun ke lapangan bersama Babinsa masing-masing desa yang tertimpa bencana untuk mengadakan pengecekan ke TKP. Kemudian mendata kerugian dan mengadakan upaya penyelamatan materiil bersama masyarakat dan aparat terkait di lapangan.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. “Manakala diperlukan adanya langkah-langkah karya bakti untuk pembenahan bangunan rumah warga yang roboh tentunya akan kita siapkan personel sesuai kebutuhan.
Patut kita syukuri dari kejadian-kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hal ini tentunya berkat kewaspadaan masyarakat terhadap bencana terutama angin puting beliung ini. Disamping itu telah kita himbau beberapa waktu yang lalu agar masyarakat mewaspadai berbagai bencana yang mungkin terjadi terkait perubahan cuaca ekstrem yang terjadi begitu signifikan akhir-akhir ini,” ujar Dandim.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Peduli Bencana, Babinsa Bantu Rakyat Korban Angin Puting Beliung