Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

TNI-Rakyat Inti Kekuatan Yang Dahsyat

Dibaca: 662 Oleh 07 Mar 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 1710/Mimika melakukan anjangsana dan silaturahmi kerumah-rumah masyarakat di Desa Bhintuka untuk mengetahui lebih dekat kesulitan yang dialami oleh masyarakat serta memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat pada hari Minggu 5 Maret 2017 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim 1710/Mimika Mayor Inf Antony Triwibowo .

Dalam kegiatan tersebut anggota Koramil 1710/Mimika mengunjungi salah satu warga masyarakat Xaverius Lawia, yang hidup sebatang kara dan menderita cacat tubuh sehingga dirinya kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Bahkan Xaverius juga kesulitan kalau ke kamar mandi karena tidak ada jamban di rumahnya. Melihat kondisi tersebut Kodim 1710/Mimika membantu dan membuatkan jamban serta memperbaiki rumahnya. Bukan itu saja mereka juga mengunjungi warga yang lain dan masih banyak yang harus dilakukan untuk membantu meringankan beban hidup mereka.

Untuk itu, sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat apalagi menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat. Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara.

Baca juga:  Hubdam XVII/Cenderawasih Merayakan HUT HUBAD ke-69 Dan Kemenangan Juara 2 Lomba Binsat

Kekuatan TNI dan rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta dalam bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut.

Panglima Besar Jenderal Soedirman pernah menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI, sehingga TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat.

Usai berkunjung ke rumah-rumah masyarakat, Kasdim sekaligus melakukan peninjauan lokasi rencana tempat akan dilaksanakan program TMMD mendatang yang akan dilaksanakan di Kampung ini. Kodim 1710/Mimika memilih tempat ini karena masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.
Kasdim 1710/Mimika pada kesempatqan tersebut juga menyampaikan, Indonesia memiliki banyak sifat dan karakter budaya luhung yang tidak dimiliki bangsa lain, sehingga kegiatan silaturahmi seperti ini diharapkan dapat menjadi perekat serta penguat persatuan dan kesatuan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Raya.

“Kita harus bergandengan tangan saling bantu, pantang menyerah, komitmen, rela berkorban, yang terpenting berjuang tulus dan ikhlas untuk rakyat, bangsa dan negara,” pungkas Kasdim.

Baca juga:  Di Hari Ibu Ke-87, Organisasi Wanita Se Kabupaten Merauke Ziarah Bersama

Kepala Desa Bhintuka, Bendi Payokwa ketika ditanya tentang rencana TMMD akan dilaksanakan di Kampungnya menyampaikan, masyarakat di sini sangat senang TMMD dilaksanakan di Kampungnya. Bendi Payokwa sangat berterima kasih kepada TNI dan pemerintah yang telah menaruh perhatian kepada warganya dan berharap kegiatan TMMD dapat dilakukan lebih luas demi mensejahterakan rakyat.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel