TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Upaya Untuk Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara Perlu Terus Dibangun

By 21 Mar 2017 10:25Berita Satuan
WhatsApp Image 2017-03-20 at 10.45.59

Komandan Korem (Danrem) 063/SGJ Kolonel Inf Bahram menutup Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Wawasan Kebangsaan yang diikuti oleh 300 siswa SLTP se-Kabupaten Kuningan,Cirebon, Jawa Barat bertempat di Aula Hotel Prima Resort Kuningan, Minggu (19/3/2017).

Diklat Bela Negara bagi siswa SMP se-Kab Kuningan kali ini mengambil tema “Melalui Latihan Wawasan Kebangsaan Kita Ciptakan Generasi Muda Penerus Bangsa Yang Berjiwa Luhur Dan Cinta Tanah Air”, merupakan upaya nyata dari Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan TNI dan Polri.

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Bahram dalam sambutannya menyampaikan bahwa bagi para peserta yang telah menerima pengetahuan dan keterampilan hendaknya dapat menerapkan apa yang telah diperoleh selama mengikuti latihan Wawasan Kebangsaan Bela Negara terutama dalam aktifitas keseharian sesuai dengan kapasitas para Siswa, serta menularkan kembali kepada rekan-rekannya.

“Sekembalinya dari pelatihan hendaknya kalian menjadi anak yang lebih bersemangat  lebih disiplin dan lebih patuh kepada orangtua. Kalian dapat menjalankan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab kalian, baik sebagai pelajar dan tugas lainnya. Hal terpenting dalam hidup berbangsa yaitu pahami dan amalkan betul Pancasila. Dimana Pancasila telah mengayomi semua tata kehidupan dan bisa dijadikan sumber dari segala sumber hukum bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan latihan Wawasan Kebangsaan Bela Negara bagi siswa SLTP se-Kabupaten Kuningan, hendaknya tidak diartikan sebagai bentuk Militerisasi di lingkungan Pelajar. Namun semata-mata merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman tentang substansi Bela Negara kepada seluruh warga negara termasuk didalamnya kalangan pelajar, sesuai amanat Pasal 30 UUD 1945,” tegas Danrem.

Selanjutnya Danrem mengatakan bahwa menumbuhkan kesadaran bela negara perlu terus menerus dibangun di berbagai komponen masyarakat. “Upaya nyata untuk menumbuhkan kesadaran bela negara itu perlu terus dibangun dalam berbagai lingkungan kehidupan masyarakat, termasuk di lingkungan sekolah. Dengan demikian hak dan kewajiban bela negara tersebut, benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap warga negara agar kita dapat menjamin tetap tegak, utuh, dan bersatunya Negara Kasatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Danrem.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat, S.IP., Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H., M.H., Kadis Dikbud Kab Kuningan Drs. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Kabag Humas Setda Kuningan Wahyu, Kapolres Kuningan diwakili Kapolsek Cilimus Kompol Suryono, Perwakilan PPM Kabupaten Kuningan, Perwakilan FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri) Kuningan, Para perwira staf Kodim 0615/Kuningan dan Danramil jajaran Kodim 0615/Kuningan serta Para Kepala SMP se-Kabupaten Kuningan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Upaya Untuk Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara Perlu Terus Dibangun