TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Wujudkan Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan

By 28 Mar 2017 17:06Berita Satuan
WhatsApp Image 2017-03-28 at 13.33.06

Kepala Staf Kodim 0115/Simeulue Mayor Inf Irwan, S. Pd., memberikan Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar tingkat SLTA sederajat di SLTA Negeri 1 Simteng Desa Kampung Aie, Kecamatan Simteng, Kabupaten Simeulue, Senin (27/3/2017).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari Kasat Binmas Polres Simeulue Iptu Aritonang, Ka Kesbangpol Simeulue Sahirman M. Si., Kepala Sekolah SLTA Aslan, S.Pd., para guru SLTA dan peserta sosialisasi.

Tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut adalah untuk mewujudkan generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan untuk mewujudkan generasi muda yang cinta tanah air dan Berbhinneka Tunggal Ika yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan itu, Kepala Staf Kodim 0115/Simeulue menyampaikan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Itu artinya semua produk hukum yang ada di Indonesia harus mengacu pada Pancasila sebagai dasarnya. Sedangkan Pancasila sebagai ideologi negara merupakan dasar dan arah kebijakan politik. Selain itu, Pancasila sebagai karakter bangsa merupakan dasar dan tujuan strategi kebudayaan. Sedangkan Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan dasar dan pedoman sikap serta perilaku bangsa Indonesia.

“Setiap negara pasti memiliki strategi tersendiri untuk membangkitkan patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi mudanya. Ada yang bersifat preventif misalnya melalui pendidikan sosialisasi tentang pentingnya patriotisme,” ucapnya.

Selanjutnya Kasdim mengharapkan untuk para guru terus menekankan materi tentang Wawasan Kebangsaan, sehingga para siswa pun bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila beserta nilai-nilai yang didalamnya.

Disela-sela sosialisasi tersebut dilanjutkan acara tanya jawab dan sosialisasi pemberian materi kepada pelajar peserta sosialisasi dengan materi Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dan pemersatu bangsa Indonesia. Pendidikan bela negara sebagai pemersatu bangsa sebagai bentuk cinta tanah Air indonesia. Pemahaman butir butir UUD 1945 sebagai wujud kesadaran berbangsa dan bernegara. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi negara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Wujudkan Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan