TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Antisipasi Bencana, Kodim 0805/Ngawi Bersama BPBD Gelar Latihan

By 16 Apr 2017 17:05Berita Satuan
03160417 (3)

TNI AD – Ngawi, Guna mengantisipasi datangnya bencana dan menyiapkan personel yang mumpuni dalam pengoperasian perahu karet atau LCR (Landing Craft Rubber), anggota Kodim 0805/Ngawi dan personel BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Ngawi mengikuti latihan pengoperasian perahu dan tehnik menolong korban banjir. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Waduk Pondok Desa Dampit, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Kamis (13/4/2017).

Latihan pengoperasian perahu ini dipimpin langsung oleh Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf M. Triyandhono, S.IP., diikuti personel dari Koramil-koramil jajaran Kodim 0805/Ngawi.Dalam latihan ini Kodim 0805/Ngawi bersama BPBD Kabupaten Ngawi sebagai instruktur pemateri dan selaku Instansi Pemerintah yang membidangi dalam penanggulangan bencana daerah.

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta latihan terdiri dari teori spesifikasi engine kapal dan praktik pengoperasian di medan sebenarnya serta tehnik menolong korban banjir yang tenggelam. Dalam aplikasi di medan sebenarnya, para peserta latihan dituntut untuk mampu memasang dan mengoperasikan mesin perahu dan mampu menolong korban yang tenggelam.

Dandim 0805/Ngawi Letkol Inf M. Triyandono, S.IP., menuturkan bahwa Kodim 0805/Ngawi selalu siap jika dimintai bantuan untuk kegiatan tanggap darurat penanggulangan bencana alam. Melalui Babinsa di tiap wilayah pedesaan, akan terus memantau setiap perkembangan yang terjadi terutama di wilayah yang memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana alam.

”Dengan kita melakukan latihan dan menyiapkan personel maupun meteriil ini secara tidak langsung ikut membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Kabupaten Ngawi,” pungkas Dandim. (Kodim 0805/Ngawi).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Antisipasi Bencana, Kodim 0805/Ngawi Bersama BPBD Gelar Latihan