TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Apel Dansat Wujudkan Prajurit Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat

By 07 Apr 2017 21:01Berita Satuan
WhatsApp-Image-2017-04-07-at-19.35.52-2-580×386

Mata Ie. Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Tatang Sulaiman membuka Apel Komandan Satuan (Dansat) tersebar Kodam IM TA. 2017 di Rindam Iskandar Muda, Aceh Besar. Jum’at (7/4/17).

Apel Dansat yang berlangsung selama tiga hari ini mengangkat tema “Melalui Apel Dansat TNI AD Tersebar TA. 2017, Kita Wujudkan Prajurit Kodam IM yang Kuat, Hebat, Profesional, Mencintai dan Dicintai Rakyat serta Siap Melaksanakan Tugas Pokok”.

Kegiatan Apel Dansat Tersebar Kodam IM TA. 2017 merupakan penjabaran dari Apel Dansat TNI AD dan sarana evaluasi yaitu, bagaimana hasil pembinaan satuan yang telah dilaksanakan dan kepemimpinan para komandan satuan dihadapkan pada dinamika tantangan tugas yang semakin kompleks, serta harus mampu mengidentifikasi berbagai macam permasalahan yang sering terjadi di satuan.

Pangdam mengatakan, Apel Dansat yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman para Dansat berkaitan dengan pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD umumnya, dan khususnya kebijakan Kodam IM. Selain itu para Dansat harus dapat menjabarkan dalam pelaksanaan program kerja satuan, di satuan masing-masing.

“Sehingga mencapai sasaran dan terwujudnya satuan yang siap operasional dan dapat diandalkan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Iskandar Muda,” ucap jenderal bintang dua ini.

Selain itu, Pangdam memerintahkan kepada Para komandan satuan agar bisa berperan sebagai guru, pelatih, orang tua dan rekan seperjuangan kepada para prajurit yang ada di satuan.

“Jadi patut diingat, seorang pemimpin harus menegakkan aturan tanpa diskriminasi, komitmen terhadap perkataan dan perbuatan, serta mampu membuat keputusan yang fleksibel, karena prajurit bukan robot. Untuk itu kebijakan yang diputuskan pemimpin jangan sampai merugikan prajurit dan keluarganya,” papar Pangdam.

Disisi lain, lanjutnya, seorang pemimpin harus membentuk jiwa korsa yang positif. Sehingga dapat melatih prajuritnya dengan kreatif dan inovatif, sesuai tahapan yang benar, keras namun terukur serta memperhatikan keselamatan.

“Oleh karena itu, tanggung jawab seorang pemimpin harus memiliki komitmen yang kuat, niat yang tulus dan ikhlas didalam memimpin satuannya,” tukas Pangdam.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan apel Dansat ini akan dilaksanakan evaluasi berbagai bidang seperti kesegaran jasmani, menembak pistol, renang militer yang ditujukan agar terbentuk prajurit yang disiplin, jago perang, jago menembak, jago beladiri dan memiliki kesiapan fisik yang prima melalui peningkatan kualitas, soliditas dan kepemimpinan lapangan para komandan satuan sehingga prajurit Sanggamara menjadi kuat, hebat, dan profesional.

Turut hadir dalam apel Dansat tersebut Kasdam, Irdam, Danrem 011, Danrem 012, para Pa Ahli, Asisten, Kabalakdam, Wadan Rindam dan para Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Apel Dansat Wujudkan Prajurit Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat