TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Berkat Kesigapan Babinsa dan Warga, Aksi Pencurian Motor Dapat Digagalkan

By 15 Apr 2017 11:54Berita Satuan
11 (3)

Aksi pencurian motor yang dilakukan oleh komplotan pencuri sepeda motor yang meresahkan warga Dusun Krajan Barat Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang berhasil digagalkan berkat kesigapan Babinsa dan para warga, Kamis (13/4/2017).

Kejadian berawal sekitar pukul 02.30 WIB pelaku yang diperkirakan berjumlah 6 orang berhasil memasuki rumah Fahrul Wahyudi di Dusun Krajan Barat RT 07 RW 03 Ds/Kecamatan Rowokangkung Lumajang dengan cara mencongkel pintu dan mengambil barang berharga yang ada didalamnya yakni tiga unit sepeda motor.

Setelah pelaku berupaya mengeluarkan 3 unit motor dari rumah korban dengan cara didorong, dari sinilah akhirnya Marsini Mertua dari Fahrul Wahyudi terbangun dan melihat terdapat tiga orang yang mendorong motor keluar dari pintu samping rumahnya. Melihat hal tersebut Marsini membangunkan menantunya. Ketika terbangun, Fahrul Wahyudi segera mengecek pintu samping rumah tempat memarkir ketiga motor tersebut, pintu telah terbuka dan ketiga motor sudah diambil pelaku.

“Dengan adanya kejadian tersebut saya berusaha menghubungi para tetangga yang melaksanakan pos ronda malam itu dan menghubungi piket Koramil yang pada saat kejadian Serka Agus Zaenal dan Serda Fatkhur Rahman” , ungkapnya.

Mendapat laporan dari warga, Serka Agus Zaenal dan Serda Fatkhur Rahman segera mengambil tindakan dengan mengajak beberapa warga untuk melokalisir wilayah tersebut dengan cara menutup dan menghadang jalan pelolosan pelaku aksi pencurian untuk keluar dari wilayah tersebut.

Upaya ini membuahkan hasil, para pelaku pencurian merasa panik setelah mengetahui jalan yang akan digunakan untuk pelolosan sudah dikepung dan diblokir warga, mereka berusaha melarikan diri. Sebagian warga berupaya melakukan pengejaran, pelaku akhirnya melarikan diri dengan meninggalkan motor hasil curian di dua lokasi yang berbeda.

Menurut Danramil 0821/16 Rowokangkung Kapten Inf Wahyutomo, dari ketiga unit motor ditemukan oleh Serka Zaenal bersama dengan warga di dua lokasi yang berbeda, satu unit motor Yahama Jupiter berhasil ditemukan di kebun jeruk Dusun Krajan Barat atau sekitar rumah korban dikarenakan motor tersebut mogok, satu unit Honda Beat warna merah yang dibuang ke parit kebun tebu di Dusun Pakeman Desa Sumbersari berhasil ditemukan dan satu unit motor Honda Revo warna hitam ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan motor pertama.

“inilah wujud kesigapan, kesiapan dan kekompakan antara warga dan Babinsa, kejadian upaya aksi pencurian dapat digagalkan, kita sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras Serka Agus Zaenal dan Serda Fatkhur Rahman bersama warga dalam kerjasamanya menggagalkan aksi pencurian tersebut. Kedepan kita harapkan bersama kekompakan ini tetap kita jaga dan perlu ditingkatkan kembali dan menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan Siskamling, melihat akhir-akhir ini aksi kriminalitas ditengah masyarakat semakin meningkat”, harap Danramil.

Kasus upaya pencurian kendaraan bermotor warga tersebut selanjutnya dilaporkan kepada pihak Kepolisian setempat untuk ditindaklanjuti pencarian para pelaku pencurian kendaraaan bermotor tersebut .

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Berkat Kesigapan Babinsa dan Warga, Aksi Pencurian Motor Dapat Digagalkan