TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Bersama Aster, Dandim 0101/BS Bangun Satu Juta Jamban Untuk Masyarakat Aceh

By 16 Apr 2017 15:29Berita Satuan
12160417 (2)

Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS bekerja sama dengan Kodam IM menyelenggarakan kegiatan program Karya Bakti TNI berupa pembangunan “jamban keluarga” bagi masyarakat, di Desa Lamroh dan Desa Lam Raya, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (15/4/2017).

Asisten Teritorial Kasdam IM Kolonel Inf Mahesa Fitriadi S. AP yang didampingi oleh Komandan Kodim 0101/BS Letkol Inf Iwan Rosandriyanto S.I.P tiba di Desa Lamreh Kecamatan Kuta Baro melaksankan penyerahan jamban secara simbolis kepada 2 (dua) orang warga yaitu Iskandar (49) dan Safii (48).

Aster Kolonel Inf Mahesa Fitriadi S. AP berpesan agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dan merawat jamban dengan baik, karena selain memberikan manfaat kepada masyarakat, program ini merupakan implementasi dari TNI manunggal bersama rakyat.

Sementara itu, Dandim Letkol Inf Iwan Rosandriyanto S.I.yang menyerahkan jamban secara simbolis kepada warga di Gampong Lamraya, Kemukiman Lamblang Kecamatan Kuta Baro, mengungkapkan, jamban ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari TNI kepada masyarakat. “Kita disini dari hadir untuk merubah itu semua,”katanya.

Dandim menyampaikan, latar belakang program jambanisasi ini adalah adanya kebiasaan warga yang melakukan buang air besar di sembarang tempat. “Kebiasaan yang tidak sehat ini masih sering dilakukan di sungai bahkan juga di area perkebunan, dimana hal tersebut tidak baik bagi kesehatan maupun bagi lingkungan sekitar,”himbaunya.

Sementara Danramil Kapten Inf Mutrisno menambahkan, kegiatan jambanisasi ini terus akan dilanjutkan karena ini sudah menjadi program dari Kodim 0101/BS. “Tidak hanya disitu, jamban yang telah diterimakan kepada warga, selanjutnya para Babinsa Koramil 08/Kuta Baro dan dibantu oleh warga setempat melakukan pembangunan jamban secara gotong-royong.

“Sampai saat ini untuk wilayah Kuta Baro jumlah jamban yang sudah mulai rampung kita kerjakan sebanyak 9 unit dan masih ada 6 unit lagi yang sedang dikerjakan” tutur Kapten Mutrisno.

Sementara itu, Nur Anisa salah satu warga masyarakat menyampaikan, selama ini masyarakat mengeluhkan susahnya mencari tempat untuk membuang air besar sampai-sampai harus menempuh jarak yang cukup jauh. “Allhamdulillah dengan adanya bantuan ini dapat memudahkan warga untuk berlaku hidup sehat,” ujarnya.

Kegiatan yang bertemakan “Gema Sang Juara Kodam IM Untuk Masyarakat Aceh Membangun Satu Juta Jamban Keluarga” ini dihadiri oleh Pabandia Bakti TNI Kodam IM Letkol Inf A. Fauzi, Kaur Komsos Kodim 0101/BS Kapten Inf Nanang Junaidi dan para tokoh masyarakat di Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Bersama Aster, Dandim 0101/BS Bangun Satu Juta Jamban Untuk Masyarakat Aceh