Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Cegah Kanker Serviks dengan Pemeriksaan IVA/PAP SMEAR.

Dibaca: 33 Oleh 26 Apr 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Banda Aceh. Dalam upaya mencegah penyakit kanker leher rahim, Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah Iskandar Muda (Persit KCK PD IM) bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan wilayah Aceh menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan pemeriksaan IVA/PAP SMEAR. Pemeriksaan ini diperuntukan bagi anggota Persit Kartika Chandra Kirana jajaran PD Iskandar Muda dan anggota Dharma pertiwi se-Garnizun Kota Banda Aceh, bertempat di Rumah sakit TK II Kesehatan Daerah Militer Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM), Selasa (25/04/17).

12 (3)
Pemerikasaan IVA/PAP SMEAR tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana jajaran PD Iskandar Muda Nyonya Shanty Moch. Fachrudin S. Sos. dan kepala BPJS wilayah Aceh Rita Masyita Ridwan S.si Apt M.kes.

Nyonya Shanty mengatakan, kesehatan merupakan faktor sangat penting dalam kehidupan, tingkat kesehatan yang baik akan berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian kehidupan yang lebih berkualitas.

“Peran seorang ibu sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang dimulai dari tingkat keluarga. oleh karena itu, kegiatan pemeriksaan IVA ( infeksi asam asentat ) ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat tentang penyakit kanker serviks sehingga kita diharapkan lebih peduli terhadap kesehatan kita masing-masing, kalau bukan kita siapa lagi,” tutur Ny. Shanty.

Baca juga:  Terus Tebar Kebaikan Selama Ramadhan Prajurit dan Persit Berbagi Takjil Gratis

Dalam kesempatan itu kepala BPJS wilayah Aceh menjelaskan, penyebab kanker leher rahim adalah infeksi dari Human Papiloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18, salah satu cara mencegah kanker leher rahim yakni dengan cara skrining atau penapisan untuk mengetahui telah terjadi infeksi atau tidak dengan jalan IVA/PAP SMEAR.
Tujuan pemerikasaan IVA/PAP SMEAR adalah untuk mencegah deteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Kanker leher rahim adalah jenis kanker kedua mematikan setelah kanker payudara yang sering terjadi pada perempuan di Indonesia.

Hadir dalam pemerikasaan IVA/PAP SMEAR, Karumkit TK II Kesdam IM, Waka Kesdam IM, Ketua Dharma Pertiwi Daerah R, para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda serta para pengurus Dharma Pertiwi Daerah R. (Pendam IM)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel