TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Keberhasilan TMMD 98 Ditentukan oleh Partisipasi Aktif Seluruh Komponen Bangsa

By 06 Apr 2017 16:34Berita Satuan
IMG-20170406-WA0016

Sekretaris Daerah Aceh Tenggara (Agara) membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 di wilayah Kodim 0108/Aceh Tenggara di Lapangan Komplek PT. Gala Fila Mandiri (GFM) Desa Kandang Mbelang Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (5/4/17).

TMMD Reguler ke-98 Tahun 2017 mengangkat tema ”Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka menjaga Keutuhan NKRI”.

Sekda Kabupaten Agara Drs. Gani Suhud, M.AP menyampaikan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah program dan kegiatan TNI bersama instansi-instansi Pemerintah serta masyarakat. “Tujuannya TMMD adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan semangat Kebangsaan, Kesadaran Bela Negara dan Disiplin Nasional,” ungkap Sekda

“Keberhasilan TNI Manunggal Membangun Desa sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh komponen bangsa dan lapisan masyarakat Indonesia. Pelaksanaan TMMD di Kecamatan Lawe Bulan mempunyai tujuan membantu pemerintah daerah dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Wilayah Desa Lawe Kinga Kecamatan Bulan Kabupaten Aceh Tenggara,” jelasnya.

Kali ini sasaran fisik dari program TMMD di Kabupaten Aceh Tenggara meliputi pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 2.500 meter dengan lebar 6 meter, pemasangan gorong-gorong pipa beton bertulang diameter 80 cm sebanyak lima lokasi, pemasangan gorong-gorong pipa beton bertulang diameter 60 cm sebanyak dua lokasi dan pembangunan box sleep ukuran 6 m x 2,5 meter di satu lokasi.

Sedangkan untuk sasaran non fisik meliputi pengobatan massal dan keluarga berencana kesehatan (KB Kes), penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan kesadaran bela negara dan cinta tanah air di Desa Kuta Tengah Kecamatan Lawe Sigala.

Selain di Desa Kuta tengah, penyuluhan wawasan kebangsaan juga dilaksanakan di Desa Buah Pala Kecamatan Lawe Sumur, penyuluhan kesehatan, penyuluhan komponen cadangan dan komponen pendukung, penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan, penyuluhan hukum, Kamtibmas dan Narkoba, ceramah agama di Masjid Nurussalam serta sosialisasi penerimaan prajurit TNI.

Turut hadir dalam pembukaan TMMD ke 98 Komandan Korem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.I.P, M.Si, Forkopimda Aceh Tenggara, para Asisten dan para Kepala Dinas Kabupaten Aceh Tenggara, para prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Kepolisian serta masyarakat Aceh Tenggara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Keberhasilan TMMD 98 Ditentukan oleh Partisipasi Aktif Seluruh Komponen Bangsa