TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kesenian Kuda Kepang Warnai Pembukaan TMMD Kodim 0116

By 06 Apr 2017 22:39Berita Satuan
WhatsApp-Image-2017-04-06-at-11.22.19-580×386

Suka Makmue – Pembukaan TMMD Imbangan Kodim 0116/Nagan Raya didesa Gunung Pungki Kec. Tadu Raya terasa lain, pasalnya di akhir ceremoni pembukaan ada kesenian Kuda Kepang yang sengaja dihadirkan untuk mengisi acara. Rabu (5/04/17).

Terlihat para penonton yang hadir tercengang saat para pemain kuda kepang di cambuk dengan pecut, makan beling, mengupas kelapa dengan gigi dan makan bara api. Suasana tegang ketika salah satu pemain mengejar penonton yang berbaju merah, kontan penonton ketawa karena yang dikejar rupanya seorang gadis cantik.

Kesenian kuda kepang yang ikut memeriahkan acara pembukaan TMMD ini adalah seni budaya warga desa Rantau Selamat atau orang sering bilang Selamat Datang. Seperti diketahui kesenian Kuda Kepang ini adalah warisan leluhur yang di bawa dari tanah jawa ke Desa Rantau Selamat oleh para transmigran yang pada tahun 80-an mendiami wilayah tersebut. Dan sampai saat ini kesenian itu terus di lestarikan oleh para anak cucu.

Menurut Keuchik Desa Rantau Selamat Sdr Sigit Winarno, Kuda Kepang ini sengaja kami datangkan untuk memeriahkan Upacara pembukaan TMMD Imbangan Kodim 0116/Nagan Raya, selain untuk menghibur para undangan juga untuk melestarikan budaya dan warisan leluhur agar tidak sampai hilang akibat perkembangan dan modernisasi saat ini.

“Kami akan terus dan selalu menguri-uri (melestarikan-red) warisan leluhur kami kepada para generasi mendatang” kata Keuchik dengan logat jawa kentalnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kesenian Kuda Kepang Warnai Pembukaan TMMD Kodim 0116