TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Latihan Pramuka Yudha Mutlak Dikuasai Seorang Perwira

By 28 Apr 2017 18:03Berita Satuan
bra6b

TNI AD – Akmil. Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Arif Rahman memimpin upacara penutupan latihan Pramuka Yudha Taruna dan Taruni Tingkat II (Sersan Taruna) Batalyon Dewasa Resimen Taruna Akmil, di daerah latihan Akmil Pantai Jodo, Desa Buntusari, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (26/4/2017).

bra6a

Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan, Latihan Pramuka Yudha ini bertujuan untuk melatih para Taruna dan Taruni mengaplikasikan kemampuan fisik jasmani militer, pengetahuan teknik dan taktik bertempur di lapangan dalam suasana operasi tempur. Di samping itu, latihan ini untuk menguji keterampilan dan kemampuan teknis perorangan, sehingga dapat mengatasi dan melintasi berbagai rintangan, baik medan buatan maupun alam. “Ketahanan fisik dan mental, insting atau naluri lapangan, disiplin tempur, kejuangan, semangat kepemimpinan lapangan, pengendalian diri dan loyalitas Taruna dan Taruni benar-benar diuji,”ujarnya.

Gubernur Akmil menyampaikan, sasaran yang ingin dicapai dalam latihan agar Taruna dan Taruni memiliki kemampuan teknik dan taktik bertempur dan memiliki kondisi fisik yang tangguh, serta memiliki sikap mental dan kepercayaan diri yang tinggi. “Disamping itu, para Taruna dan Taruni dituntut mampu mengatasi berbagai macam rintangan alam dan buatan di segala bentuk medan, serta dapat melaksanakan tugas dengan baik di satuan nantinya,”ungkapnya.

“Latihan Pramuka Yudha yang kalian ikuti ini merupakan materi mutlak yang harus dikuasai sebagai bekal bagi seorang Perwira dengan jabatan Komandan setingkat Peleton di lingkungan Satuan TNI Angkatan Darat. Untuk dapat memimpin satuan setingkat Peleton, kalian harus menguasai pengetahuan tentang tugas-tugas satuan dibawahnya, mulai dari tingkat Komandan Regu (Danru) sampai dengan Penembak Senapan, “tegas Mayjen TNI Arif Rahman.

Latihan Pramuka Yudha Taruna dan Taruni Tingkat II ini yang diikuti 270 orang, terdiri dari 255 Taruna dan 15 orang Taruni.

Pada kesempatan itu juga Gubernur Akmil, menyematkan Brevet Pramuka Yudha kepada perwakilan peserta latihan tersebut.

Turut hadir pada acara ini Wagub Akmil Brigjen TNI Wisnoe P.B.,para Direktur Akmil, pejabat Distribusi Akmil, Muspika Kabupaten Batang, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang BS Akmil beserta Staf Yayasan Kartika Jaya serta para Perwira, pelatih dan pengasuh Resimen.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Latihan Pramuka Yudha Mutlak Dikuasai Seorang Perwira