Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Peduli Kesulitan Rakyat, TNI Bedah Rumah di Kampung Lepro

Dibaca: 2 Oleh 27 Apr 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Merauke. Setelah puluhan tahun hidup dalam keterbatasan dan hidup di rumah kumuh akhirnya keluarga-keluarga di Kampung Lepro dapat menikmati hidup di rumah yang layak. Kesepuluh rumah yang telah selesai dibedah atau direnovasi Rabu (25/4/2017) diserahkan kepada warga Kampung Lepro, Kabupaten Merauke.

2 (2)Rumah yang telah direnovasi ini diserahkan langsung oleh Ny. Nenny Gatot Nurmantyo selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi kepada Ketua RT.Penyerahan rumah ini dihadiri Ny. Pramono Anum (Ibu Oase) beserta rombongan Oase, Pangdam XVII/Cendrawasih, Dandrem 174/Merauke, Danlantamal XI, Danlanud dan Kapolres.

Ketua RT kampung Lepro Balagaize, mengatakan bahwa kampung ini didirikan sekitar tahun 1960. Rumah-rumah yang dibangun pada jaman Belanda ini dikhususkan bagi para penderita lepra. “Rumah rumah kami banyak yang sudah tidak layak. Seng-seng (atap rumah terbuat dari seng,red) sudah pada bocor, namun setelah tentara datang rumah kami diperbaiki,” ujar Balagaize.

Sementara itu Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E., M.Si., menyampaikan terima kasih atas sumbangsih bedah rumah dengan sasaran Kampung Lepro. ” Sejarah kampung Lepro merupakan kampung yang khusus untuk orang penyakit Lepra sejak tahun 1957. Kampung ini dibangun dengan kontruksi dari peninggalan Belanda dan merupakan salah satu cagar budaya,” ujar Bupati.

Baca juga:  Kodim 1704-03/Saonek Laksanakan Perbaikan dan Pembersihan Bangunan Rumah Dinas

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan perlengkapan alat dapur oleh Ibu Pramono Anum dan penandatangan Prasasti oleh Ny. Neny Gatot Nurmantyo selaku Ketua Umum Dharma wanita.

Sekedar info, kampung Lepro terdiri dari 15 rumah dan 4 diantaranya sudah rubuh. 10 rumah telah direnovasi dan 1 ruang lainnya akan menyusul. Saat ini kampung Lepro berpenghuni 315 jiwa dari 97 Kepala Keluarga.

Selain merenovasi 10 rumah, telah dibuatkan MCK dan MCK umum sebanyak 5 buah dan satu buah sumur guna mencuci pakaian.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel