TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peduli Musibah Perahu Terbalik, TNI Bantu Evakuasi Korban

By 15 Apr 2017 12:04Berita Satuan
1 (3)

Dandim 0817/Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto, S.H., dan Kapolres Gresik AKBP. Boro Windu Danandito S.IK., M.Ap., Jumat (14/4/2017) pukul 07.30 WIB. Dandim dan Kapolres Gresik telah melaksanakan Patroli penyisiran Sungai Kalimas untuk mengetahui situasi dan kondisi Sungai pasca terjadinya kecelakaan Perahu Terbalik di Sungai Kalimas pada hari Kamis (13/4/2017). Adapun lokasi kejadian bertempat di perbatasan Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik dengan Desa Bogem Pinggir, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

Untuk diketahui terjadinya kecelakaan perahu penyeberangan miring terbalik tersebut akibat arus sungai yang mengalir deras sehingga mengakibatkan penumpang jatuh ke sungai dan diduga akibat kelebihan muatan.

Adapun identifikasi korban selamat sebanyak 6 orang diantaranya Bapak Riyanto umur 45 Tahun dari Ds. Gagang Sidoarjo, Sdr. Yudistira Ardi umur 34 Tahun dari Ds. Balongbendo Sidoarjo, Sdri. Sucinina umur 33 Tahun dari Desa Balongbendo Sidoarjo, Sdr. Didin umur 23 Tahun dari Desa Bogem Balongbendo Sidoarjo sebagai (Operator Perahu), Sdr. Supriadi umur 50 Tahun dari Desa Sumberame, Kecamatan Wringinanom Kab. Gresik. (Operator perahu) dan Sdr. Joko umur 45 Tahun, Dusun. Juwet RT. 5 RW. 4 Kec. Wringinanom.

Sedangkan identifikasi korban meninggal dunia (MD) 2 orang yakni Bpk. Ujang Gadilah umur 50 Tahun dari DrsfySumberame (masyarakat yang berusaha menolong) dan Sdri. Mis’ah, karyawan PT. Pradita. (Penumpang perahu).

Kejadian terjadi dengan kronologi dilatarbelakangi dengan berawal pada hari Kamis (13/4/2017) pukul 07.05 WIB perahu penyeberangan berangkat dari Desa Bogem Pinggir Sidoarjo menuju Desa Sumberame Gresik dengan membawa 10 penumpang yang terdiri dari 2 tenaga operator perahu dan 7 SPM.

Kemudian pada hari yang sama pukul 07.10 WIB, perahu penyeberangan sungai Kalimas karena kelebihan muatan sehingga mengalami kemiringan dan penumpang teriak-teriak minta tolong. Hal itu karena tidak ada pengaman di perahu tersebut maka seluruh penumpang perahu jatuh ke sungai.

Akhirnya dengan kejadian tersebut masyarakat yang melihat kemudian berusaha menolong salah satunya adalah Sdr. Ujang Fadilah langsung melompat ke sungai untuk memberikan pertolongan. namun yang bersangkutan malah ikut tenggelam dan meninggal dunia. Sedangkan yang lain dibantu Bpk. Supriyadi (operator) dibawa ke pinggir sungai sehingga dapat diselamatkan 6 orang termasuk operator dan 1 orang penumpang meninggal dunia.

Kemudian Danramil 0817/02 Wringinanom beserta anggotanya datang ke TKP untuk membantu evakuasi korban tersebut.Danramil bersama anggota membantu evakuasi satu persatu korban ke tempat yang aman.Selanjutnya Danramil menghubungi Tim SAR dari BNPB Kabupaten Gresik untuk meminta dukungan bantuan.

Selanjutnya tepat pukul 08.30 WIB Tim SAR dari BNPB Kabupaten Gresik datang ke lokasi kejadian dengan membawa perahu karet untuk melakukan penyisiran di Sungai Kalimas. Kemudian Danramil bersama anggota serta Tim SAR melakukan pencarian korban yang masih hilang.Selanjutnya pada pukul 10.30 WIB Wagub Jatim Drs. Saifullah Yusuf meninjau lokasi kejadian. Pada pukul 10.45 WIB, tenaga bantuan datang dari 1 Regu Taifib Yon Marinir Surabaya dan 1 Regu SAR Tagana Surabaya datang ke lokasi untuk membantu pencarian korban yang masih belum ditemukan.

Sementara itu, Danramil bersama anggota serta Tim SAR berhasil mengevakuasi korban selamat sebanyak 6 orang untuk mendapatkan perawatan di Puskesmas Wringinanom dan 2 orang yang meninggal dunia langsung dibawa ke kediamannya masing-masing untuk dimakamkan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peduli Musibah Perahu Terbalik, TNI Bantu Evakuasi Korban