Skip to main content
Kodam Iskandar Muda

Peserta Apel Dansat Uji Ketangkasan Renang Militer

Dibaca: 59 Oleh 10 Apr 2017Januari 22nd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Dihari ketiga pelaksanaan apel komandan satuan (Dansat) Kodam Iskandar Muda tahun 2017, para peserta apel Dansat terlihat semangat dan senang saat melaksanakan uji ketangkasan renang militer di kolam renang Yonif Raider 112/DJ, Japakeh, Aceh Besar, Minggu (9/4/17).

Kegiatan apel Dansat yang diikuti sebanyak 290 unsur komandan satuan jajaran Kodam Iskandar Muda, yaitu mulai dari Komandan Kompi, Komandan Koramil, Komandan Batalyon, Komadan Kodim hingga Komandan Korem mengusung tema “Melalui Apel Dansat TNI Angkatan Darat Tersebar Tahun 2017, Kita Wujudkan Prajurit Kodam Iskandar Muda Yang Kuat, Hebat, Profesional, Mencintai Dan Dicintai Rakyat Serta Siap Melaksanakan Tugas Pokok”.

Renang merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit. Di militer tidak hanya renang dasar yang dimiliki setiap prajurit, tetapi berbagai ketangkasan renang seperti renang militer, renang ponco dan renang taktis.

Renang militer harus wajib mampu dilaksanakan oleh setiap prajurit karena ini merupakan bekal kemampuan apabila di medan sebenarnya mendapatkan rintangan berupa sungai, danau dan perairan yang tidak dapat dilalui dengan jalan darat.

Baca juga:  TMMD 104 Program Lintas Sektoral Tingkatkan Akselerasi Kesejahteraan Masyarakat

Pada pelaksanaan apel Dansat, para peserta kali ini diuji untuk melaksanakan ketangkasan berupa renang militer. Perlengkapan yang digunakan oleh setiap perorangan adalah menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL), helm tempur dan senjata laras panjang dengan jarak tempuh 50 meter.

Untuk peserta apel Dansat terbagi menjadi dua kelompok yaitu untuk Satuan komando kewilayahan (Satkowil) melaksanakan renang militer dasar, sementara untuk satuan tempur (Satpur) dan satuan bantuan tempur (Banpur) melaksanakan renang militer. Selain itu, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai lajur yang ada.

Hadir dalam kegiatan renang militer ini Kasdam Iskandar Muda, Irdam IM, Danrem 011/LW, Danrem 012/TU, para perwira ahli, para asistenKasdam IM , Kabalakdam IM, Wadan Rindam serta para unsur Dansat jajaran Kodam Iskandar Muda. (Pendam IM)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel